Breaking

Monday, February 26, 2018

MAKALAH SIMULASI DIGITAL (SIMDIG) TENTANG MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang.
            Mesin  pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp,publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladendalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web (Haris,2009: 73-79).
Kebutuhan suatu informasi pada era digital saat ini cukup tinggi dan akan semakin tinggi, terutama informasi dari internet. Tingginya kebutuhan akan informasi tersebut memunculkan berbagai macam mesin pelacak/pencari/penelusur informasi, namun setiap mesin pelacak memiliki algoritma yang berbeda antara satu dan yang lain.
Saat ini Google merupakan mesin penelusur paling diminati, selain kecepatan penelusuran, juga hasil yang ditelusur dinilai hampir memenuhi yang diinginkan pengguna. Pada kegiatan belajar, kita akan mempelajari cara penggunaan kata kunci pada mesin pelacak sehingga informasi yang hendak dicari akan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.
            Setelah mendapatkan halaman yang dianggap sesuai, kita akan mempelajari bagaimana menyimpan halaman tersebut untuk diolah kemudian menggunakan perangkat lunak pengolah kata, angka, maunpun penyaji presentasi yang telah kita pelajari pada kegiatan belajar sebelumnya. Mesin pelacak Google/Google Search merupakan mesin pelacak teks yang dapat melakukan indexing seluruh halaman web, tidak hanya judul ataupun deskripsi. Suatu sintaks (sintak yang dimaksud pada pembahasan ini adalah kata/simbol khusus yang tertanam pada bahasa pemorgraman) yang disertakan dengan suatu kata kunci, akan memungkinkan pengguna Google mencari bagian-bagian tertentu dari halaman web atau jenis informasi yang lebih spesifik.

1.2. Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian mesin pencari (search engine) ?
2.      Bagaimana sejarah singkat mesin pencari (search engine) ?
3.      Apa manfaat mesin pencari (search engine) ?
4.      Bagaimana mengelola hasil pencarian ?

1.3. Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan karya tulis ini yaitu untuk memenuhi tugas mata pelajaran                              Simulasi Digital pada SMK 02 Arga Makmur dalam bentuk sebuah Makalah dan untuk menambah pengetahuan dan wawasan para pembaca, masyarakat pada umumnya dan kalangan siswa khususnya, agar mengetahui tentang Mesin Pencari (Search Engine).           .

1.4. Ruang Lingkup
Karena keterbatasan waktu dan banyaknya tugas sekolah yang ada, maka ruang lingkup makalah ini sangat singkat dan terbatas serta pembahasannya pun hanya seputar Mesin Pencari (Search Engine) Google.


1.5. Metode Penulisan
Dari beberapa metode penulisan yang ada, penyusunan makalah ini penulis menggunakan metode kepustakaan di mana selain mendapatkan materi makalahnya dari buku-buku mengenai Mesin Pencari (Search Engine), penulis juga menggunakan media internet untuk mendukung data-data yang sudah ada, mengingat keterbatasan waktu maka melalui internet data mudah didapatkan dan cepat serta efisien.
  
        
BAB II
PEMBAHASAN


2.1. Pengertian Mesin Pencari (Search Engine)      
Mesin pencari web atau mesin telusur web (bahasa Inggris : web search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Suatu program komputer yang dirancang untuk membantu, mempermudah, mempercepat seseorang menemukan informasi atau data yang diinginkan. Mesin pencari (search engine) semacam “penunjuk jalan” untuk mencari sesuatu yang dibutuhkan.
Mesin pencari akan berfungsi setelah mempunyai kriteria database yang dibuat sebelumnya dan akan menampilkan hasil sesuai dengan kriteria mesin pencari. Cara kerja mesin pencari adalah dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian kemudian mesin pencari akan bekerja melakukan pencarian di database serta menampilkan hasil akurat yang memuat kata kunci tersebut dari database yang ada. Jika pada database tidak ada kecocokan dengan kata kunci maka hasil tidak ditampilkan. Program untuk mencari dokumen berdasarkan kata kunci dan memunculkan daftar dokumen tersebut apabila kata kunci yang dimaksud ditemukan. Sebuah mesin pencari pada dasarnya seperti “penunjuk jalan” untuk menemukan informasi atau data dokumen yang kita butuhkan dengan lebih mudah dan cepat.         
Mesin Pencari (Search Engine ) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Mesin Pencari (Search Engine ), Result Pages (SERPs).

2.2. Sejarah Singkat Mesin Pencari (Search Engine)
            Seiring dengan perkembangan dunia maya, Mesin Pencari (Search Engine) pun memiliki perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun. Salah satu Mesin Pencari (Search Engine) yang cukup terkenal dan banyak dipakai oleh banyak negara adalah Mesin Pencari (Search Engine ) Google. Namun ada beberapa kelompok membuat Mesin Pencari (Search Engine) sendiri untuk negaranya, seperti Mesin Pencari (Search Engine) Yandex yang berasal dari Rusia dan telah beroperasi sejak tahun 1997. Kemudian ada Mesin Pencari (Search Engine) Baidu yang beroperasi sejak tahun 2000. Baidu didirikan di kampus Baidu yang letaknya di Distrik Haidan, Beijing, RRC. Mesin Pencari (Search Engine) lain yang
juga terkenal adalah Bing, Yahoo, ASK, MSN, AOL, dan lainnya.
            Mesin Pencari (Search Engine) Google sendiri muncul di akhir tahun 1997. Ketatnya persaingan dengan berbagai Mesin Pencari (Search Engine) yang sudah lebih dahulu ada, tidak membuat Google menyerah begitu saja. Pada tahun 2000 Mesin Pencari  (Search Engine) Yahoo sempat menduduki posisi peringkat puncak, namun hal itu hanya sementara dikarenakan Google berhasil mencapai peringkat tersebut. Google pun diperhitungkan dan dipandang sebagai Mesin Pencari (Search Engine )yang utama sampai sekarang ini.
Berikut ini contoh berbagai macam Mesin Pencari (Search Engine ) yang dapat digunakan, seperti :
o   Google
o   Bing
o   Yahoo
o   Ask
o   Yandex
o   AOL




2.3. Manfaat Mesin Pencari (Search Engine)

Banyak dari kita sering memakai Mesin Pencari (Search Engine), lalu apa manfaat dari Mesin Pencari (Search Engine) ?  Pastinya manfaat dari Mesin Pencari (Search Engine) adalah mempermudah seseorang untuk mencari informasi yang diinginkan secara cepat, dan tepat. Karena dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan, misalnya kata "Pengertian Mesin Pencari (Search Engine)" maka akan langsung muncul berbagai website dan blog yang memberikan informasi mengenai kata kunci tersebut dengan cepat dan tepat.
            Dari berbagai sektor Mesin Pencari (Search Engine) sebenarnya telah memberikan banyak manfaat seperti dilihat dari sudut pemilik web blog. Dimana setiap WEB blog yang memberikan informasi yang relevan dan lengkap, maka dapat dipastikan secara tidak langsung halaman informasi WEB blog anda akan naik ke halaman pertama pencarian. Selanjutnya pengunjung akan terus berdatangan dan membuat WEB blog anda akan kebanjiran pengunjung. Umumnya tidak semua artikel pada WEB blog satu dengan yang lainnya lengkap atau kaya akan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung. Namun berbagai pemilik WEB blog mulai memaksakan artikelnya agar mampu berada ke halaman pertama dengan melakukan berbagai cara, salah satunya adalah teknik SEO. Bayangkan bila salah satu kata kunci memiliki ribuan traffic perbulannya, dan artikel atau jualan anda berada di urutan pertama. Dapat dibayangkan bisnis anda pun akan berkembang dengan pesat sesuai dengan berjalannya waktu. Contohnya jika anda menjual Alat Pemadam Kebakaran, maka sesuai dengan kata kuncinya anda dapat membuat berbagai artikel yang berhubungan dengan "
Alat Pemadam Kebakaran" dengan informasi yang lengkap dan jelas. Maka dengan begitu sektor pasar anda akan sangat mudah sekali menggapai WEB blog bisnis anda.

2.4. Mengelola Hasil Pencarian.
Setelah kita mendapatkan halaman yang tepat, dan kita menginginkan penyimpanan halaman tersebut. Kita bisa gunakan cara tekan sombol Ctrl+S pada papan ketik (tekan Ctrl tanpa melepasnya, kemudian tekan tombol S pada Kayboard). Akan muncul jendela lokasi yang kita inginkan untuk menyimpan berkas. Terdapat kotak pemberian nama dokumen (Save as) dan File Type. Secara baku, pada kotak Save as sudah terisi nama dari judul halaman tersebut. Nama tersebut bisa kita ubah maupun kita biarkan seperti adanya. Khusus untuk File  Type, pastikan memilih Web Page (complete) agar semua sumberdaya yang ada pada halaman tersebut dapat tersimpan.
            Halaman yang tersimpan akan berisi satu file ‘html’ dengan nama file adalah alamat URL situs, dan satu folder berisi sumberdaya yang ada pada halaman tersebut yang biasanya berisi gambar-gambar. File ‘html’ bisa kita buka menggunakan perambah/browser atau bisa pula membuka sebagai dokumen. Untuk membuka sebagai dokumen dilakukan dengan cara klik kanan file ‘html’ tersebut, pilih ‘Open With > ‘doc’.
Selain menggunakan Ctrl+S, bisa juga dilakukan penyimpanan dengan cara menyalin semua teks (deskripsi) yang ada pada halaman tersebut dengan cara blok semua teks. Klik pada salah satu huruf paling atas halaman, sambil menekan mouse (klik kiri), tarik mouse hingga akhir dari teks paling bawah kemudian tekan Ctrl+C. Selanjutnya tempel teks yang terseleksi pada halaman perangkat lunak Office Word. Untuk gambar bisa kita lakukan dengan cara langsung melakukan klik kanan mouse pada gambar tersebut dan pilih ‘Save Image as’ untuk menyimpan gambar pada drive komputer Anda, atau bisa juga memilih ‘Copy Image’ apabila kita hanya cukup ingin menyalin langsung pada perangkat lunak Office Word tanpa melakukan penyimpanan gambar.

   
BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
1.      Mesin Pencari (Search Engine) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Mesin Pencari  (Search Engine ) Result Pages (SERPs).
2.      Mesin Pencari (Search Engine) Google sendiri muncul di akhir tahun 1997. Ketatnya persaingan dengan berbagai Mesin Pencari (Search Engine) yang sudah lebih dahulu ada, tidak membuat Google menyerah begitu saja. Pada tahun 2000 Mesin Pencari (Search Engine) Yahoo sempat menduduki posisi peringkat puncak, namun hal itu hanya sementara dikarenakan Google berhasil mencapai peringkat tersebut. Google pun diperhitungkan dan dipandang sebagai Mesin Pencari (Search Engine) yang utama sampai sekarang ini.
3.      Manfaat dari Mesin Pencari (Search Engine) adalah mempermudah seseorang untuk mencari informasi yang diinginkan secara cepat, dan tepat. Karena dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan, misalnya kata "Pengertian Mesin Pencari (Search Engine)" maka akan langsung muncul berbagai website dan blog yang memberikan informasi mengenai kata kunci tersebut dengan cepat dan tepat.
4.      Halaman yang tersimpan akan berisi satu file ‘html’ dengan nama file adalah alamat URL situs, dan satu folder berisi sumberdaya yang ada pada halaman tersebut yang biasanya berisi gambar-gambar. File ‘html’ bisa kita buka menggunakan perambah/browser atau bisa pula membuka sebagai dokumen. Untuk membuka sebagai dokumen dilakukan dengan cara klik kanan file ‘html’ tersebut, pilih ‘Open With > ‘doc’

3.2. Saran
 Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua, dan penggunaan Mesin Pencari (Search Engine) lebih bisa bermaanfaat lagi. Bagi siswa penerus bangsa marilah kita banyak-banyak belajar terutama dalam belajar Simulasi Digital, terutama tentang  Mesin Pencari (Search Engine). Karena apabila kita banyak belajar kita bisa tahu bagaimana cara berbuat sesuatu. Oleh karena itu marilah kita semangat belajar dalam kehidupan kita sehari-hari, hindarilah penggunaan mesin pencari untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

  

DAFTAR PUSTAKA


o   Abdillah. 2011. “Dampak Positif dan Negatif New Media”. http://shufy abdillah.blogspot. comdiakses 8 November 2013.
o   Agung, Leo.  2009. Student Boot Series Ber-Internet dengan Yahoo. Madiun : Madcoms.
o   Alverrocker. 2011. “Dampak positif dari oom Google” http://alverrocker.wordpress.com, diakses 8 November 2013.
o   Andre. 2012. “Search Engine” http://lenterakecilku.blogspot.com, di akses 4 November 2013).
o   Annehira. 2011. “Gmail” http://www.anneahira.com , di akses 14 Oktober 2013.
o   Budi, Ferdinand Kurniawan. 2012.  Most Wanted of SEO (Search Engine Optimization). Jakarta: Elex Media Komputindo.
o   Elcom. 2012. Tips dan Trik Series Google. Yogyakarta: Andi publisher.
o   Hari. 2011. “Manfaat Google”. http://beritaunik75.blogspot.com, diakses 14 Oktober 2013.
o   Haris. 2012. “Cara kerja Search Engine”. http://akharisyuli.blogspot.com, diakses 4 November 2013).
o   Haryanto, Rudy. 2007. Cerdas Jelajah Internet. Surakarta: Kriya Pustaka.
o   Jubilee. 2009. Trik Cepat Menguasai Google. Jakarta: Elex Media Komputindo.
o   Lutfi. 2012. “Google dan Pendidikan”. http://galeriox.blogspot.com, diakses 14 Oktober 2013).
o   Pinasthika. 2013. “Negatifnya Google Sebagai Seacrh Engine”.http://yulipinasthika.
wordpress.com, diakses 8 November 2013.
o   Purnamadwi. 2013. “Dampak Negatif Google Pada Anak”.  http://purnamadwi.blogspot.com, diakses 8 November 2013.
o   Richard. 2005. Pemanfaatan Search Engine sebagai Sarana Penunjang Belajar.Yogyakarta: Andi publisher
o   Sarwono, Jonathan. 2010. Search Engine. Yogyakarta: Andi Publisher.
o   Subekti. 2012. “Google & Iptek”. http://subekti.com, diakses 14 Oktober 2013.
o   Suhartono. 2009. Teknologi Informasi Komunikasi SMA XI. Jakarta: Grasindo.
o   https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web 
o   http://smkn1panyingkiran.sch.id
o   http://www.seogereggi.com/2015/03/pengertian-search-engine-mesin-pencari.html


No comments:

Post a Comment

Pastikan komentar anda adalah berupa pertanyaan, koreksi, atau hal serupa lainnya yang bermanfaat bagi anda atau pengguna lainnya dikemudian hari, komentar yang bersifat basa-basi sepert, thanks, semoga bermanfaat, atau hal serupa lainnya akan dihapus.