KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa , karena atas rahmat
dan karuniaNya saya dapat menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Prakrin Tahun Ajaran
2019/2020 tanpa ada halangan suatu apapun. dan tak lupa saya sampaikan terima kasih
kepada :
1. Iman
Sukri, S.Pd. selaku Kepala SMK Negeri 07 Bengkulu Utara.
2. Pepi
Asnidar, S.Pd . selaku Ketua Jurusan Multimedia dan selaku Pembimbing Praktik
Kerja Industri (Prakerin).
3. Seluruh
rekan-rekan SMK Negeri 07 Bengkulu Utara yang telah membantu dalam
menyelesaikan laporan ini.
4. Eka
Haryanto, S.Kom selaku Pimpinan Percetakan Ari Letter dan Pembimbing di DU/DL.
5. Kedua
orang tua yang selalu memberi dukungan dan motivasi serta yang selalu
mendo’akan saya.
Melalui
laporan ini saya ingin membagi pengalaman kami selama melaksanakan Prakerin (Praktik
Kerja Industri) dipercetakan Ari Letter Jl. RA. Kartini Arga Makmur, selama
kurang lebih 3 (tiga) bulan dimulai tanggal 13 Januari 2020 sampai 30 Maret
2020.
Kami
mohon maaf bila sekiranya masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan ini.
Kritik dan saran yang membangun dari
anda sangat kami harapkan. Semoga laporan ini dapat bermamfaat dan dapat
memberikan gambaran yang cukup jelas tentang kegiatan semasa prakerin.
Batu
Raja R, Maret 2020
Penyusun
.........................
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL/COVER…………………………………… i
HALAMAN PENGESAHAN…………………………………… ii
KATA PENGANTAR…………………………………………… iii
DAFTAR GAMBAR……………………………………………. iv
DAFTAR TABEL……………………………………………….. v
DAFTAR LAMPIRAN………………………………………….. vi
BAB I PENDAHULUAN……………………………………….. vii
1.1. Latar Belakang……………………………………………..... 1
1.2. Tujuan………………………………………………………... 1
1.3. Ruang Lingkup………………………………………………. 2
BAB II GAMBARAN UMUM…………………………………. 3
2.1. Sejarah Perusahaan/Industri………………………………… 3
2.2. Lokasi Perusahaan/Industri
………………………………… 3
2.3. Struktur
Pengelolaan Perusahaan/Industri ………………….. 4
2.4. Tujuan dan fungsi
Perusahaan/Industri …………………….. 4
BAB III KAJIAN TEORI……………………………………...... 5
BAB IV PEMBAHASAN DAN
HASIL………………………... 6
4.1. Pelaksanaan
Kegiatan Prakerin……………………………… 6
4.2. Masalah dan
Penyelesaian Masalah Selama Prakerin………. 6
4.3. Pembahasan………………………………………………….. 7
4.4. Hasil…………………………………………………………. 10
BAB V KESIMPULAN DAN
SARAN………………………… 12
5.1. Kesimpulan………………………………………………….. 12
5.2. Saran………………………………………………………… 13
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………… 14
LAMPIRAN…………………………………………………….. 15
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.2.1 Dena Lokasi…………………………………. 3
Gambar 2.2.2 Struktur Pengolahan
Perusahaan……………. 4
Gambar 4.3.1
Langkah 1 Membuat Stempel………………. 7
Gambar 4.3.2 Langkah 2 Membuat
Stempel……………….. 8
Gambar 4.3.3 Langkah 3 Membuat
Stempel……………….. 8
Gambar 4.3.4 Langkah 4 Membuat
Stempel……………….. 8
Gambar 4.3.5 Langkah 5 Membuat
Stempel………………. 9.
Gambar 4.3.6 Langkah 6 Membuat
Stempel……………….. 9
Gambar 4.3.7 Langkah 7 Membuat
Stempel……………….. 9
Gambar 4.3.8 Langkah 8 Membuat
Stempel……………….. 10
Gambar 4.3.9 Langkah 9 Membuat
Stempel……………….. 10
Gambar 4.3.10
Langkah 10 Membuat Stempel…………….. 10
Gambar 4.4.1 Pembuatan Stempel
sudah selesai…………… 11
DAFTAR TABEL
Tabel 4.4.3 Alat dan
Bahan……………………………………… 7
DAFTAR LAMPIRAN
Foto-foto Dokumentasi
Selama Prakrin …………………………. 15
Alat dan Bahan…………………………………………………… 18
Identitas Perserta
Prakerin………………………………………… 21
Identitas Perusahaan /
Industri……………………………………. 22
Jurnal Kegiatan
Mingguan Peserta Prakerin…………………….. 23
Laporan Kegiatan Siswa
Secara Berkala (Minggu ke 1 - 9)…….. 26
Absensi Harian
Kehadiran Peserta Prakerin ……………………. 31
Catatan Masukan dan
Keluhan Siswa/siswi Peserta Prakerin….. 33
Catatan Pembimbing
Sekolah…………………………………… 34
BAB I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Sesuai
dengan Keputusan Mendikbud No.0490.U/1993 tentang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),
dan Keputusna Mendikbud No.080/U/1993 Tentang Kurikulum SMK, Bahwa Penyelenggaraan
Pendidikan di SMK dilaksanakan melalui dua jalur yaitu pendidkan di sekolah dan
pendidkan diluar sekolah, maka siswa diwajibkan melaksanakan kegiatan Prakerin
Kerja Industri (Prakerin) sebagai pendukung kegiatan diuar sekolah.
Kurangnya pengalaman siswa SMK terhadap
dunia luar yang berkaitan dengan kejuruannya, menyebabkan kualitas seseorang
siswa SMK menjadi menurun. Apalagi dengan tuntutan dunia teknologi yang semakin
berkembang yang menyebabkan siswa SMK semakin tertinggal dari prinsipnya sebgai
seorang yang didik untuk mandiri.
Maka
dari permaslahan tersebut diadakannya Prakerin (Praktik Kerja Insdustri) yang
ditunjukan sebagai acuan bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman pengetahuan di
industry, disamping mengaplikasikan apa yang siswa yang didapat disekolah waktu
pelaksanaan Prakrin antara 1-2 bulan.
1.2. Tujuan
Tujuan
Praktik Kerja Industri (Prakerin)
Tujuan
utamanya adalah untuk mematangkan, memantapkan, serta menerapkan teori-teori
yang telah didapat di sekolah.
Selain
itu ada tujuan lain yaitu :
1. Sebagai
salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional
Tahun Ajaran 2019/2020.
2. Untuk
menambah wawasan dan pengalaman dalam dunia usaha atau dunia industri.
3. Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan dan tenaga kerja yang berkualitas dan
propesional.
4. Meningkatkan
kedisiplinan dan kemadirian.
5. Menghasilkan
SDM yang berkualitas dan propesional.
6. Sebagai
motivasi diri agar dapat berpikir lebih kreatif, logis, serta inovatif dalam meyelesaikan
berbagai masalah yang ada di DU/DI.
1.3. Ruang Lingkup
Laporan
ini disusun sesuai dengan kegiatan yang telah dilakukan selama kegiatan Prakerin
serta menyampaikan aspek-aspek yang ditemukan didalam kegiatan Prakerin, baik
hasil yang sempurna maupun hasil yang tidak sempurna yang sifatnya tidak
mengada-ada. Selain itu, laporan prakerin ini adalah sebagi bukti nyata dan
otentik bahwa penulis telah mengikuti Prakerin.
BAB II GAMBARAN UMUM
BAB II GAMBARAN UMUM
2.1.
Sejarah Perusahaan/Industri
Percetakan
Ari letter mulai berdiri sejak tahun 2016, dengan modal pas-pasan bisa di
bilang modal nol. Dari awal percetakan ini, tidak ada sarana dan prasarana
kerja yang memadai. Yang ada hanya tekat dan kemauan yang tinggi, bahkan untuk
mencari konsumen harus keliling-keliling dari desa ke desa, kantor ke kantor
sambil menyebarkan brosur. Seiring berjalannya waktu, dengan kemauan yang
tinggi disertai kerja keras akhirnya bisa membeli peralatan kerja seadanya,
ketika belum ada alat Percetakan Ari Letter berkerja di warnet untuk mendesain order
dari konsumen.
Setelah
uang terkumpul akhirnya bisa membeli alat dan perlengkapan penunjang usaha
lainnya, Alhamdulillah sampai saat ini kami bisa bertahan serta bisa memperkerjakan
1 (satu) orang karyawan.
2.2.
Lokasi Perusahaan/Industri
Percetakan
Ari Letter beralamat di Jl. RA. Kartini RT. 07 Kelurahan Purwodadi , Kecamatan
Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara.
2.3.
Struktur Pengolahan Perusahaan/Industri
2.4.
Tujuan dan Fungsi Perusahaan/Industri
Mengelola usaha dengan mengedepankan pemberdayaan
potensi yang ada secara
maksimal dengan memberikan layanan yang mudah, ramah dan
tuntas dalam berbagai masalah orderan
konsumen, sehingga produk yang dihasilkan dapat melebihi
ekspetasi pihak-pihak yang berkepentingan
BAB III KAJIAN TEORI
Multimedia
diambil dari kata multi dan media. Multi sendiri berarti banyak dan media
berarti perantaran. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan persentasi
yang dinamis dan interaktif yang mengombinasikan teks, grapik, animasi, audio.
Dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi,
berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Desain
Grafis berasal dari dua kata yaitu Desain dan Grapis, kata desain berarti
proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau
merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan
cetak-mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi konpleks
anatara kata-kata gambar, angka, grafis, photo dan ilustrasi yang membutuhkan
pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen
ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna
dalam bidang gambar.
Coreldraw
adalah aplikasi Desain Grafis yang dingunakan untuk membuat berbagai macam
desain macam desain seperti Logo, kartu nama, kalender, poster, dan lain-lain
yang terkenal dalam dunia digital.
BAB IV PEMBAHASAN DAN HASIL
BAB IV PEMBAHASAN DAN HASIL
4.1.
Pelaksanaan Kegiatan Prakerin
Sebelum
pelaksanaa kegiatan prakrin dimulai, siswa diberi pembekalan dan bimbingna oleh
guru terlebih dahulu mengenai segala hal yang berkaitan dengan bimbingan oleh
guru terlebih dahulu mengenai segala hal yang berkaitan dengan kegitan prakrin
yang dlaksanakan , serta peraturan dan tata tertib yang wajib dipetuhi oleh
seluruh siswa SMK N 7 Bengkulu Utara selama melaksankan prakrin di DU/DI. Kemudian,
siswa dan guru pembimbing melakukan survey lokasi masing masing lokasi prakerin
siswa.
Pelaksanaan
kegitan prakrin.
Kegiatan
prakrin kerja industry (prakrin) dimulai pada tanggal 13 januari 2019. Kegitan
parakrin ini dlakukan pada semester genap , yaitu pda semester ke empat .
setiap hari siswa prakrin hadir dan pulang sesuai dengan waktu yang tealh
ditentukan oleh pembimbing ditempat prakrin masing-masing. Jenis kegiatan adalah
Membuat Stempel di Ari Letter.
4.2.
Masalah dan Penyelesainyan Masalah Selama Prakrin
Setiap
manusia pastinya tidak luput dari kesalahan, sama halnya seperti saya. Pada
saat belajar membuat stempel saya tidak bisa membuat desainnya, dan juga tidak
tau bagaimana cara menggunakan mesin stempel. Setiap kali mencobanya selalu salah, akhirya
atasan saya mengajari bagaimana cara membuat desain stempel tersebut. Ia juga
mengajari bagaimna menggunakan mesin stempel dengan baik dan benar agar
mendapat hasil yang bagus. Untuk mendapat hasil yang bagus kita butuh ketelitian
dan kesabaran serta tanamkanlah rasa selalu ingin belajar dan belajar sehigga
bisa.
4.3.
Pembahasan
Pembuatan Stempel
4.3.1.Alat dan Bahan
No
|
Alat
|
Bahan
|
Keterangan
|
1
|
Komputer
|
Karet Rounalflex
|
|
2
|
Kuas Kecil
|
Gagang Stempel
|
|
3
|
Pengering/Head Dryer
|
Film
|
|
4
|
Mesin Stempel UV
|
Premium
|
|
5
|
Gunting
|
Double Tape
|
|
6
|
Cutter
|
-
|
|
7
|
Wadah/Cawan
|
-
|
Tabel
4.4.3 Alat dan Bahan
4.3.2. Langkah-langkah membuat
Stempel :
1. Buka aplikasi CorelDRAW
X7 dan buat dokumen baru dengan ukuran A4.
2. Buat lingkarang utama
dengan diameter 35 cm dengan ketebalan outline width 0,5
cm dengan memilih Ellips tool (F7)
pada Toolboxkemudian drag pada
page dengan menekan tombol Ctrl agar
objek lingkaran berbentuk lingkaran sempurna (simetris).
3. Duplikat
lingkaran pertama (Copy+Paste) dengan menekan tombol Ctrl+C dan Ctrl+V diameter
33 mm dengan ketebalan outline width 0,2 cm.
4. Duplikat
lingkaran kedua (Copy+Paste) dengan menekan tombol Ctrl+C dan Ctrl+V diameter
23 mm dengan ketebalan outline width 0,5 cm.
5.
Buat persegi panjang
dengan menggunakan Rectangle tool, lebar 25 mm dan tinggi 5 mm dengan ketebalan outline width 0,5
cm. Seleksi persegi panjang dan lingkaran yang tengah (diameter kecil), agar
letaknya di tengah-tengah lingkaran tekan Shift lalu tekan E dan C pada keyboard.
6.
Seleksi kembali persegi
panjang lalu lingkaran yang tengah (diameter kecil), untuk memotong
lingkarannya di property bar >>
klik Back minus front.
7.
Ketikan tulisan yang di
inginkan dengan menggunakan Text tool (F8),
contoh “LEMBAGA PENDIDIKAN KOMPUTER” yang akan kita gunakan pada desain stempel
dengan jenis font Arial font-size 9
pt font-style Bold. Klik tulisan tersebut >> lalu pada menu text >>
pilih Fit Text to Path.
8.
Geser dan atur posisi
tulisan ke dalam lingkaran dengan menggunakan pick tool seperti
pada gambar di bawah ini.
9.
Buat
tulisan untuk bagian bawah, contoh “NURUL FIKRI” dengan jenis font Arial font-size 9
pt font-style Bold. Klik tulisan tersebut >> lalu pada
menu text >> pilih Fit Text to Path.
10.
Geser
dan atur posisi tulisan ke dalam lingkaran dengan menggunakan pick tool seperti
pada gambar di bawah ini.
1
11. Kemudian pilih Mirror Text Horizontaly dan Miror Text Verticali untuk
membuat tulisan berbalik normal ke atas.
12.
Buat tulisan untuk
bagian tengah, contoh “JAKARTA” dengan jenis font Arial font-size 9
pt font-style Bold.
Seleksi tulisan dan lingkaran bagian luar. Untuk menempatkan tulisannya di
tengah-tengah, maka tombol Shift klik
tulisan tersebut >> dan klik lingkaran bagian luar >> Lalu di tekan
huruf “E” dan “C”. Hasil akhirnya silahkan perhatikan gambar di bawah.
4.4.
Hasil
1. Untuk menyimpan hasil desainnya agar bisa di edit kembali yaitu dengan menekan tombol Ctrl+S atau di menu File >> Save, lalu di di kotak File name ketikan nama file, contoh “STEMPEL 35mm LPK-NF” di Save as type birkan tetap *.CDR, pilih lokasi penyimpanan, contoh di D:// lalu telan Save.
2. Jika ingin dijadikan JPEG, tekan tombol CTRL+E atau File >> Export >> Pilih lokasi penyimpanan, contoh di D:// > beri nama, dan ganti jenis file menjadi JPEG. , pilih lokasi penyimpanan, contoh di D:// lalu telan Export
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1.
Kesimpulan
Dengan
adanya kegiatan Prakrin siswa dituntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu
berintresksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki
keterampilan serta wawasan yang tinggi. Selain itu Prakrin merupakan kegiatan praktek
diluar jam sekolah yang bekerjasama
dengan masyarakat atau intansi, sehingga siswa-siswi mampu bergaul dan
bekerjasama dengan masyarakat luar.
Prakrin
dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahli dan
propessional dalam bidangnya yang mampu memenuhi pasar nassional atau bahkan
internasional. Dengan begitu siswa-siswi akan memepunyai sikap yang akan
menjadi bekal dasar pengenmbangan diri secara berkelanjutan dan dapat
mengamalkan apayang telah diperolehnya, dalam kehidupan sehari-hari
Dari
hasil Prakrin di Percetakan Ari Letter yang dilaksanakan, maka saya dapat menyimpulkan :
1. Dapat
mengapliksikan ilmu yang telah diperoleh selama berada di sekolah kedalam dunia
industri, terbukti dengan mengetahui bagaimana
cara untuk mengedit foto dengan benar sehingga saya mnejadi bisa.
2. Menambah
pengetahuan yang lebih dan memperdalam keterampilan.
3. Meperoleh
pengalaman baru dalam dunia Industri yang membuat saya mengerti dunia Industri
yang sebenarnya.
4. Dapat
belajar mempersiapkan diri untuk bekerja di dunia Industri .
5. Ternyata
Multimedia adalah peluang yang luar biasa, bagus, hasil karya dari Mutimedia
yang memiliki nilai komersial yang sangat tinggi.
6. Suatu
karya seseorang tidak dinilai dari tingkat kesulitan dan kerumitan dalam proses
mengerjakannya, tetapi dinilai dari bagimana penikmat dapat menghargai dan
memanfaatkan dengan baik karya tersebut.
7. Aspek
pendukung dalam kegiatan berkerja seni melalui multimedia , aspek yang utama
adalah SDM. Kecanggihan alat yang digunakan juga merupakan suatu syarat untuk
berkarya seni yang baik, tetapi semua itu kembali pada kebutuhan produk yang
akan dihasilkan .
5.2.
Saran
1. Untuk
perusahaan,diharapkan ada kerjasama yang baik antar karyawan dengan anak Prakerin,
agar karyawan dapat membagi sedikit ilmu untuk mengajari anak-anak Prakerin
tentang cara mendesain di waktu luang.
2. Supaya
ditingkatkan pengembangan fisual kepada anak dalam segi menedesain,
DAFTAR PUSTAKA
Susana
Jusmi. 2014. Laporan Prakrin Angkatan 2013. SMK Negeri 07 Bengkulu Utara.
Pangestuti
Deni Puji. 2016. Laporan Prakrin Bengkulu Utara. SMK Negeri 07 Bengkulu Utara.
Astria
Ike. 2018. Laporan Prakrin Angkatan 2018. SMK Negeri 07 Bengkulu Utara.
Panduan
dan Jurnal Prakerin SMK Negeri 07 Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2019/2020.
http://www.sebuahtutorialku.com/2016/10/cara-membuat-stempel-dengan-coreldraw.html
LAMPIRAN
FOTO-FOTO DOKUMENTASI SELAMA
PRAKRIN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pastikan komentar anda adalah berupa pertanyaan, koreksi, atau hal serupa lainnya yang bermanfaat bagi anda atau pengguna lainnya dikemudian hari, komentar yang bersifat basa-basi sepert, thanks, semoga bermanfaat, atau hal serupa lainnya akan dihapus.