Breaking

Rabu, 17 Juni 2020

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) MULTIMEDIA

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa , karena atas rahmat dan karuniaNya saya dapat menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Prakrin Tahun Ajaran 2019/2020 tanpa ada halangan suatu apapun. dan tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada :
1.     Iman Sukri, S.Pd. selaku Kepala SMK Negeri 07 Bengkulu Utara.
2.    Pepi Asnidar, S.Pd . selaku Ketua Jurusan Multimedia dan selaku Pembimbing Praktik Kerja Industri (Prakerin).
3.   Seluruh rekan-rekan SMK Negeri 07 Bengkulu Utara yang telah membantu dalam menyelesaikan laporan ini.
4.      Eka Haryanto, S.Kom selaku Pimpinan Percetakan Ari Letter dan Pembimbing di DU/DL.
5.      Kedua orang tua yang selalu memberi dukungan dan motivasi serta yang selalu mendo’akan saya.
Melalui laporan ini saya ingin membagi pengalaman kami selama melaksanakan Prakerin (Praktik Kerja Industri) dipercetakan Ari Letter Jl. RA. Kartini Arga Makmur, selama kurang lebih 3 (tiga) bulan dimulai tanggal 13 Januari 2020 sampai 30 Maret 2020.
Kami mohon maaf bila sekiranya masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan ini. Kritik dan saran yang membangun  dari anda sangat kami harapkan. Semoga laporan ini dapat bermamfaat dan dapat memberikan gambaran yang cukup jelas tentang kegiatan semasa prakerin.

                                                                                                      Batu Raja R,   Maret 2020
                                                                                                                 Penyusun

                                                                                                            .........................
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL/COVER……………………………………  i
HALAMAN PENGESAHAN……………………………………   ii
KATA PENGANTAR……………………………………………   iii
DAFTAR GAMBAR…………………………………………….    iv
DAFTAR TABEL………………………………………………..    v
DAFTAR LAMPIRAN…………………………………………..   vi
BAB I PENDAHULUAN………………………………………..   vii
1.1. Latar Belakang…………………………………………….....    1
1.2. Tujuan………………………………………………………...   1
1.3. Ruang Lingkup……………………………………………….   2

BAB II GAMBARAN UMUM………………………………….    3
2.1. Sejarah Perusahaan/Industri…………………………………     3
2.2. Lokasi Perusahaan/Industri …………………………………     3
2.3. Struktur Pengelolaan Perusahaan/Industri …………………..    4
2.4. Tujuan dan fungsi Perusahaan/Industri ……………………..    4

BAB III KAJIAN TEORI……………………………………......   5

BAB IV PEMBAHASAN DAN HASIL………………………...   6
4.1. Pelaksanaan Kegiatan Prakerin………………………………    6
4.2. Masalah dan Penyelesaian Masalah Selama Prakerin……….     6
4.3. Pembahasan…………………………………………………..   7
4.4. Hasil………………………………………………………….    10

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN…………………………   12
5.1. Kesimpulan…………………………………………………..    12
5.2. Saran…………………………………………………………    13

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………    14

LAMPIRAN……………………………………………………..     15

DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.2.1 Dena Lokasi………………………………….            3
Gambar 2.2.2 Struktur Pengolahan Perusahaan…………….             4
Gambar 4.3.1 Langkah 1 Membuat Stempel……………….             7         
Gambar 4.3.2 Langkah 2 Membuat Stempel………………..            8
Gambar 4.3.3 Langkah 3 Membuat Stempel………………..            8
Gambar 4.3.4 Langkah 4 Membuat Stempel………………..            8
Gambar 4.3.5 Langkah 5 Membuat Stempel……………….             9.
Gambar 4.3.6 Langkah 6 Membuat Stempel………………..            9
Gambar 4.3.7 Langkah 7 Membuat Stempel………………..            9
Gambar 4.3.8 Langkah 8 Membuat Stempel………………..            10
Gambar 4.3.9 Langkah 9 Membuat Stempel………………..            10
Gambar 4.3.10 Langkah 10 Membuat Stempel……………..            10
Gambar 4.4.1 Pembuatan Stempel sudah selesai……………            11
DAFTAR TABEL
Tabel 4.4.3 Alat dan Bahan………………………………………    7

DAFTAR LAMPIRAN
Foto-foto Dokumentasi Selama Prakrin ………………………….   15
Alat dan Bahan……………………………………………………   18
Identitas Perserta Prakerin…………………………………………  21
Identitas Perusahaan / Industri…………………………………….  22
Jurnal Kegiatan Mingguan Peserta  Prakerin……………………..    23
Laporan Kegiatan Siswa Secara Berkala (Minggu ke 1 - 9)……..     26
Absensi Harian Kehadiran Peserta Prakerin …………………….     31       
Catatan Masukan dan Keluhan Siswa/siswi Peserta Prakerin…..      33
Catatan Pembimbing Sekolah……………………………………     34

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Sesuai dengan Keputusan Mendikbud No.0490.U/1993 tentang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Keputusna Mendikbud No.080/U/1993 Tentang Kurikulum SMK, Bahwa Penyelenggaraan Pendidikan di SMK dilaksanakan melalui dua jalur yaitu pendidkan di sekolah dan pendidkan diluar sekolah, maka siswa diwajibkan melaksanakan kegiatan Prakerin Kerja Industri (Prakerin) sebagai pendukung kegiatan diuar sekolah.
     Kurangnya pengalaman siswa SMK terhadap dunia luar yang berkaitan dengan kejuruannya, menyebabkan kualitas seseorang siswa SMK menjadi menurun. Apalagi dengan tuntutan dunia teknologi yang semakin berkembang yang menyebabkan siswa SMK semakin tertinggal dari prinsipnya sebgai seorang yang didik untuk mandiri.
Maka dari permaslahan tersebut diadakannya Prakerin (Praktik Kerja Insdustri) yang ditunjukan sebagai acuan bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman pengetahuan di industry, disamping mengaplikasikan apa yang siswa yang didapat disekolah waktu pelaksanaan Prakrin antara 1-2 bulan.

1.2. Tujuan
Tujuan Praktik Kerja Industri (Prakerin)
Tujuan utamanya adalah untuk mematangkan, memantapkan, serta menerapkan teori-teori yang telah didapat di sekolah.
Selain itu ada tujuan lain yaitu :
1.    Sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional Tahun Ajaran 2019/2020.
2.      Untuk menambah wawasan dan pengalaman dalam dunia usaha atau dunia industri.

3.  Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan dan tenaga kerja yang berkualitas dan propesional.
4.      Meningkatkan kedisiplinan dan kemadirian.
5.      Menghasilkan SDM yang berkualitas dan propesional.
6.  Sebagai motivasi diri agar dapat berpikir lebih kreatif, logis, serta inovatif dalam meyelesaikan berbagai masalah yang ada di DU/DI.

1.3. Ruang Lingkup
Laporan ini disusun sesuai dengan kegiatan yang telah dilakukan selama kegiatan Prakerin serta menyampaikan aspek-aspek yang ditemukan didalam kegiatan Prakerin, baik hasil yang sempurna maupun hasil yang tidak sempurna yang sifatnya tidak mengada-ada. Selain itu, laporan prakerin ini adalah sebagi bukti nyata dan otentik bahwa penulis telah mengikuti Prakerin.

BAB II GAMBARAN UMUM
 2.1. Sejarah Perusahaan/Industri
Percetakan Ari letter mulai berdiri sejak tahun 2016, dengan modal pas-pasan bisa di bilang modal nol. Dari awal percetakan ini, tidak ada sarana dan prasarana kerja yang memadai. Yang ada hanya tekat dan kemauan yang tinggi, bahkan untuk mencari konsumen harus keliling-keliling dari desa ke desa, kantor ke kantor sambil menyebarkan brosur. Seiring berjalannya waktu, dengan kemauan yang tinggi disertai kerja keras akhirnya bisa membeli peralatan kerja seadanya, ketika belum ada alat Percetakan Ari Letter berkerja di warnet untuk mendesain order dari konsumen.
Setelah uang terkumpul akhirnya bisa membeli alat dan perlengkapan penunjang usaha lainnya, Alhamdulillah sampai saat ini kami bisa bertahan serta bisa memperkerjakan 1 (satu) orang karyawan.

2.2. Lokasi Perusahaan/Industri
Percetakan Ari Letter beralamat di Jl. RA. Kartini RT. 07 Kelurahan Purwodadi , Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara.

2.3. Struktur Pengolahan Perusahaan/Industri

2.4. Tujuan dan Fungsi Perusahaan/Industri
Mengelola usaha dengan mengedepankan pemberdayaan potensi yang ada secara maksimal dengan memberikan layanan yang mudah, ramah dan tuntas dalam berbagai masalah orderan konsumen, sehingga produk  yang dihasilkan dapat melebihi ekspetasi pihak-pihak yang berkepentingan

BAB III KAJIAN TEORI
 Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi sendiri berarti banyak dan media berarti perantaran. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan persentasi yang dinamis dan interaktif yang mengombinasikan teks, grapik, animasi, audio. Dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Desain Grafis berasal dari dua kata yaitu Desain dan Grapis, kata desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak-mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi konpleks anatara kata-kata gambar, angka, grafis, photo dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.
Coreldraw adalah aplikasi Desain Grafis yang dingunakan untuk membuat berbagai macam desain macam desain seperti Logo, kartu nama, kalender, poster, dan lain-lain yang terkenal dalam dunia digital.

BAB IV PEMBAHASAN DAN HASIL
 4.1. Pelaksanaan Kegiatan Prakerin
Sebelum pelaksanaa kegiatan prakrin dimulai, siswa diberi pembekalan dan bimbingna oleh guru terlebih dahulu mengenai segala hal yang berkaitan dengan bimbingan oleh guru terlebih dahulu mengenai segala hal yang berkaitan dengan kegitan prakrin yang dlaksanakan , serta peraturan dan tata tertib yang wajib dipetuhi oleh seluruh siswa SMK N 7 Bengkulu Utara selama melaksankan prakrin di DU/DI. Kemudian, siswa dan guru pembimbing melakukan survey lokasi masing masing lokasi prakerin siswa.
Pelaksanaan kegitan prakrin.
Kegiatan prakrin kerja industry (prakrin) dimulai pada tanggal 13 januari 2019. Kegitan parakrin ini dlakukan pada semester genap , yaitu pda semester ke empat . setiap hari siswa prakrin hadir dan pulang sesuai dengan waktu yang tealh ditentukan oleh pembimbing ditempat prakrin masing-masing. Jenis kegiatan adalah Membuat Stempel di Ari Letter.

4.2. Masalah dan Penyelesainyan Masalah Selama Prakrin
Setiap manusia pastinya tidak luput dari kesalahan, sama halnya seperti saya. Pada saat belajar membuat stempel saya tidak bisa membuat desainnya, dan juga tidak tau bagaimana cara menggunakan mesin stempel.  Setiap kali mencobanya selalu salah, akhirya atasan saya mengajari bagaimana cara membuat desain stempel tersebut. Ia juga mengajari bagaimna menggunakan mesin stempel dengan baik dan benar agar mendapat hasil yang bagus. Untuk mendapat hasil yang bagus kita butuh ketelitian dan kesabaran serta tanamkanlah rasa selalu ingin belajar dan belajar sehigga bisa.
  
4.3. Pembahasan
Pembuatan Stempel
4.3.1.Alat dan Bahan

No
Alat
Bahan
Keterangan
1
Komputer
Karet Rounalflex

2
Kuas Kecil
Gagang Stempel

3
Pengering/Head Dryer
Film

4
Mesin Stempel UV
Premium

5
Gunting
Double Tape

6
Cutter
-

7
Wadah/Cawan
-

                                                                                             Tabel 4.4.3 Alat dan Bahan
4.3.2. Langkah-langkah membuat Stempel  :
1. Buka aplikasi CorelDRAW X7 dan buat dokumen baru dengan ukuran A4.
 
2.   Buat lingkarang utama dengan diameter 35 cm dengan ketebalan outline width 0,5 cm dengan memilih Ellips tool (F7) pada Toolboxkemudian drag pada page dengan menekan tombol Ctrl agar objek lingkaran berbentuk lingkaran sempurna (simetris).
 
3.   Duplikat lingkaran pertama (Copy+Paste) dengan menekan tombol Ctrl+C dan Ctrl+V diameter 33 mm dengan ketebalan outline width 0,2 cm.
4.   Duplikat lingkaran kedua (Copy+Paste) dengan menekan tombol Ctrl+C dan Ctrl+V diameter 23 mm dengan ketebalan outline width 0,5 cm.
 
5.      Buat persegi panjang dengan menggunakan Rectangle tool, lebar 25 mm dan tinggi 5 mm dengan ketebalan outline width 0,5 cm. Seleksi persegi panjang dan lingkaran yang tengah (diameter kecil), agar letaknya di tengah-tengah lingkaran tekan Shift lalu tekan E dan C pada keyboard.
6.      Seleksi kembali persegi panjang lalu lingkaran yang tengah (diameter kecil), untuk memotong lingkarannya di property bar >> klik Back minus front.
 
7.      Ketikan tulisan yang di inginkan dengan menggunakan Text tool (F8), contoh “LEMBAGA PENDIDIKAN KOMPUTER” yang akan kita gunakan pada desain stempel dengan jenis font Arial font-size 9 pt font-style Bold. Klik tulisan tersebut >> lalu pada menu text >> pilih Fit Text to Path.
 
8.      Geser dan atur posisi tulisan ke dalam lingkaran dengan menggunakan pick tool seperti pada gambar di bawah ini.
 
9.      Buat tulisan untuk bagian bawah, contoh “NURUL FIKRI” dengan jenis font Arial font-size 9 pt font-style Bold. Klik tulisan tersebut >> lalu pada menu text >> pilih Fit Text to Path.
10.  Geser dan atur posisi tulisan ke dalam lingkaran dengan menggunakan pick tool seperti pada gambar di bawah ini.


1





11. Kemudian pilih Mirror Text Horizontaly dan Miror Text Verticali untuk membuat tulisan berbalik normal ke atas.
 
12.  Buat tulisan untuk bagian tengah, contoh “JAKARTA” dengan jenis font Arial font-size 9 pt font-style Bold. Seleksi tulisan dan lingkaran bagian luar. Untuk menempatkan tulisannya di tengah-tengah, maka tombol Shift klik tulisan tersebut >> dan klik lingkaran bagian luar >> Lalu di tekan huruf “E” dan “C”. Hasil akhirnya silahkan perhatikan gambar di bawah.

4.4. Hasil
1.   Untuk menyimpan hasil desainnya agar bisa di edit kembali yaitu dengan menekan tombol Ctrl+S atau di menu File >> Save, lalu di di kotak File name ketikan nama file, contoh “STEMPEL 35mm LPK-NF” di Save as type birkan tetap *.CDR, pilih lokasi penyimpanan, contoh di D:// lalu telan Save.
2.   Jika ingin dijadikan JPEG, tekan tombol CTRL+E atau File >> Export >> Pilih lokasi penyimpanan, contoh di D:// > beri nama, dan ganti jenis file menjadi JPEG. , pilih lokasi penyimpanan, contoh di D:// lalu telan Export

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
 5.1. Kesimpulan
Dengan adanya kegiatan Prakrin siswa dituntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berintresksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi. Selain itu Prakrin merupakan kegiatan praktek diluar jam sekolah yang bekerjasama  dengan masyarakat atau intansi, sehingga siswa-siswi mampu bergaul dan bekerjasama dengan masyarakat luar.
Prakrin dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahli dan propessional dalam bidangnya yang mampu memenuhi pasar nassional atau bahkan internasional. Dengan begitu siswa-siswi akan memepunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengenmbangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apayang telah diperolehnya, dalam kehidupan sehari-hari
Dari hasil Prakrin di Percetakan Ari Letter yang  dilaksanakan, maka saya dapat menyimpulkan :
1.    Dapat mengapliksikan ilmu yang telah diperoleh selama berada di sekolah kedalam dunia industri, terbukti dengan mengetahui bagaimana  cara untuk mengedit foto dengan benar sehingga saya mnejadi bisa.
2.      Menambah pengetahuan yang lebih dan memperdalam keterampilan.
3.   Meperoleh pengalaman baru dalam dunia Industri yang membuat saya mengerti dunia Industri yang sebenarnya.
4.      Dapat belajar mempersiapkan diri untuk bekerja di dunia Industri .
5.    Ternyata Multimedia adalah peluang yang luar biasa, bagus, hasil karya dari Mutimedia yang memiliki nilai komersial yang sangat tinggi.
6.    Suatu karya seseorang tidak dinilai dari tingkat kesulitan dan kerumitan dalam proses mengerjakannya, tetapi dinilai dari bagimana penikmat dapat menghargai dan memanfaatkan dengan baik karya tersebut.
7.   Aspek pendukung dalam kegiatan berkerja seni melalui multimedia , aspek yang utama adalah SDM. Kecanggihan alat yang digunakan juga merupakan suatu syarat untuk berkarya seni yang baik, tetapi semua itu kembali pada kebutuhan produk yang akan dihasilkan .

5.2. Saran  
1.  Untuk perusahaan,diharapkan ada kerjasama yang baik antar karyawan dengan anak Prakerin, agar karyawan dapat membagi sedikit ilmu untuk mengajari anak-anak Prakerin tentang cara mendesain di waktu luang.
2.      Supaya ditingkatkan pengembangan fisual kepada anak dalam segi menedesain,

DAFTAR PUSTAKA
  Susana Jusmi. 2014. Laporan Prakrin Angkatan 2013. SMK Negeri 07 Bengkulu Utara.
Pangestuti Deni Puji. 2016. Laporan Prakrin Bengkulu Utara. SMK Negeri 07 Bengkulu Utara.
Astria Ike. 2018. Laporan Prakrin Angkatan 2018. SMK Negeri 07 Bengkulu Utara.
Panduan dan Jurnal Prakerin SMK Negeri 07 Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2019/2020.
http://www.sebuahtutorialku.com/2016/10/cara-membuat-stempel-dengan-coreldraw.html

LAMPIRAN

FOTO-FOTO DOKUMENTASI SELAMA PRAKRIN





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pastikan komentar anda adalah berupa pertanyaan, koreksi, atau hal serupa lainnya yang bermanfaat bagi anda atau pengguna lainnya dikemudian hari, komentar yang bersifat basa-basi sepert, thanks, semoga bermanfaat, atau hal serupa lainnya akan dihapus.