Breaking

Wednesday, June 17, 2020

MAKANAN ALAMI PEMBERSIH PLAK PEMBULUH DARAH

Berkurangnya plak dan bersihnya pembuluh darah, menghindarkan kita dari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, kelumpuhan, dan masih banyak lagi.  Sistem peredaran darah sendiri terdiri dari tiga organ utama, yaitu yaitu pembuluh darah, jantung, dan darah itu sendiri. Ketiga organ tubuh ini merupakan bagian yang penting untuk menjaga organ tubuh bekerja dengan baik. Sistem peredaran darah atau istilah medisnya sistem kardiovaskular berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh manusia membawa banyak nutrisi dan oksigen. Kandungan ini dibutuhkan oleh seluruh organ di dalam tubuh untuk dapat bekerja dengan baik. Selain mengalirkan oksigen, sistem ini juga bertugas untuk mengeluarkan zat karbondioksida melalui paru-paru, menyalurkan hormon, menjaga suhu tubuh, dan membantu tubuh untuk pulih dari penyakit. Pembuluh darah sendiri, terutama bagian arteri akan mengantarkan darah kaya oksigen dari jantung ke jaringan yang berbeda di dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya pembuluh arteri dijaga agar tetap normal dan tidak tertimbun plak berbahaya. Ada beberapa makanan yang dapat membantu membersihkan plak dan  bersihnya pembuluh darah : 

1. Bawang Putih
Bahan dapur ini kerap dijadikan pewangi atau penambah rasa saat memasak. Bawang Putih adalah makanan dengan banyak sifat antioksidan yang mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di arteri dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kandungan vitamin B-nya yang tinggi mengurangi pengerasan pembuluh darah, sehingga mencegah pembekuan darah. Salah satu perawatan yang disarankan untuk membersihkan dinding arteri adalah mengonsumsi bawang putih saat perut kosong, seperti pil. Ini adalah cara sederhana dan efektif untuk membersihkan dinding arteri. Kita juga dapat menggabungkannya dengan herbal lain untuk meningkatkan khasiatnya seperti lemon.
Hanya saja, konsumsi ramuan ini tidak disarankan bagi yang memiliki penyakit mag atau gangguan pencernaan lain. 
Anda juga dapat menggabungkannya dengan herbal lain untuk meningkatkan khasiatnya.
Bahan yang digunakan:
1.      1 siung bawang putih
2.      Air lemon dari 1 buah lemon
3.      1 gelas air (250 ml)

Cara membuat :
ü  Tambahkan bawang putih dan air lemon ke dalam secangkir air mendidih dan biarkan dingin.
ü  Kemudian, simpan di lemari es selama tiga hari, saring, lalu dinginkan kembali.
ü  Ambil satu sendok makan campuran ini setiap kali makan selama empat puluh hari.

2. Apel
Apel mengandung serat yang menurunkan kolesterol dan flavonoid yang menurunkan risiko serangan jantung hingga 50%. Meskipun direkomendasikan untuk makan buah apel begitu saja, berikut ini dua resep apel untuk membersihkan dinding arteri. Untuk membuatnya, kamu bisa mengonsumsi apel dalam bentuk buah segar, atau dibuat jus dengan tambahan wortel.
Meskipun direkomendasikan untuk makan buah apel begitu saja, berikut ini dua resep apel untuk membersihkan dinding arteri.

Smoothie apel
Bahan :
1.      2 apel (200 g)
2.      3 wortel

Cara membuat :
ü  Blender apel dan tiga wortel sampai lumat.
ü  Dinginkan dan minum segelas smoothie ini dengan perut kosong selama tujuh hari.

Resep cuka sari apel
Bahan :
1.      ½ cangkir cuka sari apel (125 ml)
2.      1 siung bawang putih

Cara membuat :
ü  Campurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan bawang putih.
ü  Konsumsi sebelum sarapan selama satu minggu penuh dan kemudina minum segelas air (200 ml)


3. Minyak Zaitun
Salah satu manfaat minyak zaitun adalah dapat menyingkirkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik (HDL). Ini karena minyak zaitun kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal sekaligus asam lemak esensial. Minyak ini juga Kaya akan antioksidan, minyak ini cukup direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari. Gunakan minyak zaitun sebagai bahan untuk menumis makanan atau bisa juga dikonsumsi langsung. 

4. Biji-Bijian
Biji-bijian utuh seperti gandum mengandung serat larut yang mengikat kolesterol LDL berlebih di saluran pencernaan Moms dan menghilangkannya dari tubuh. Biji-bijian utuh juga mengandung magnesium yang bisa melebarkan pembuluh darah dan menjaga tekanan darah  pada tingkat yang teratur. The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi enam porsi harian gandum utuh. Beberapa jenis gandum utuh yang disarankan antara lain roti gandum, pasta gandum utuh, beras merah, quinoa, barley dan oatmeal untuk meningkatkan kadar kolesterol dan menjaga arteri tetap bersih.

5. Kunyit
Komponen utama rempah-rempah ini adalah kurkumin, yang merupakan kekuatan anti-inflamasi. Peradangan adalah penyebab utama arteriosklerosis, atau pengerasan arteri.
Kunyit juga mengurangi kerusakan pada dinding arteri, yang dapat menyebabkan pembekuan darah dan pembentukan plak. Rempah satu ini mengandung vitamin B6 yang membantu menjaga tingkat homocysteine yang sehat dan dapat menyebabkan penumpukan plak, serta kerusakan pembuluh darah dalam jumlah berlebih. Demikian pula, Anda juga dapat mengkonsumsinya dalam resep berikut :

Bahan :
1.      1 cangkir susu dari sayuran (250 ml)
2.      ½ sendok teh kunyit (7,5 g)
3.      1 sendok makan madu (25 g)

Cara membuat:
ü  Campurkan secangkir susu sayur dengan satu sendok teh kunyit dan satu sendok teh madu.
ü  Campurkan dengan baik dan minum sekali atau dua kali sehari setelah makan.

6. Jahe
Jahe adalah umbi yang banyak digunakan dalam pengobatan Asia dan sebagai bumbu. Sifat antioksidannya membantu membersihkan arteri dari racun.
Rasa khasnya meningkatkan makanan Anda, sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai bumbu untuk mendapatkan khasiat penyembuhannya.

Cobalah resep teh jahe berikut ini :
Bahan :
1.      1 gelas air (250 ml)
2.      1 sendok makan jahe (5 g)
3.      2 sendok teh madu (15 g)

Cara membuat :
ü  Panaskan air bersama dengan jahe.
ü  Biarkan selama beberap amenit dan tambahkan satu sendok teh madu.
ü  Minumlah sebelum tidur selama satu minggu.

Jika Anda ingin menjaga jantung tetap sehat, hindari merokok dan lakukan aktivitas fisik apa pun selama setengah jam setiap hari.
Juga, jangan lupa untuk memasukkan buah dan sayuran ke dalam makanan sehari-hari kita.

Dengan makanan di atas, diharapkan pembuluh darah tetap sehat dan tak tertimbun plak, sehingga kamu terhindar dari penyakit jantung koroner, stroke, dan berbagai penyakit lainnya.


 

No comments:

Post a Comment

Pastikan komentar anda adalah berupa pertanyaan, koreksi, atau hal serupa lainnya yang bermanfaat bagi anda atau pengguna lainnya dikemudian hari, komentar yang bersifat basa-basi sepert, thanks, semoga bermanfaat, atau hal serupa lainnya akan dihapus.