Breaking

Wednesday, March 18, 2015

MAKALAH TENTANG SUMBER DAYA AIR

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Bdakang
Sumber daya air yang terdiri atas air, sum be r air. dan daya air merupakan karunia Tuhan Yang Mali a Esa yang memberikan manfaat untuk mewujudkan kesejaliteraan bagi masyarakat di segala bidang baim sosial.ekonomi. Ixidaya. [xJitik nuupun bidang kelaliaian nasionaL Panberebyaan airsemakin hari semakin menghadapi berbagai permasalahan sejalan dengan beitambuhnya jumlah penduduk yang diiringi dengan pertumbulvan sasial-ekonomi. Peningkatan kebutuhan akan air telali menimbulkan eksploitasisumber daya air secara berlebilian sehingga mengakibatkan penurunan daya dukung lingkungan sumber daya air yang pada gilirannya menurunkan kemampuan pasokan air. gejala degradasi fungsi lingkungan sumber daya airdilandai dengan fluktuasi debit air di musim hujan dan kemarau yang semakin tajam. pencemaran air, berkurangnya kapasitas waduk dan binnya.
Tanah adalali lapisan kulit bumi yang tipis terletak di bagi an paling atas permukaan bumi. Tanah merupakan suatu gejala alam per mu kaan daratan yang membentuk suatu zone dan biasa dLsebut pedosfer. tersusun atas bahan lepas berupa pecalian dan lapukan batuan bercampur dengan balian organik (Notoliadiprawiro, 1993). Dokuchaiev (1870) dabm E-dukasi.net mengatakan baliwa tanah adalali suatu benda fisLs yang berdimensi tiga terdiri dari panjang, lebar. dan dabm yang merupakan bagbn paling atas dari kulit bumi dan mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan bahan yang ada di bawalinya sebagai liasil kerja interaksi antara iklim, kegiatan oganisme. bahan induk dan relief sebma waktu tertentu.
Seperti definisi diatas tanah tercipta dari liasil interaksi antara iklim. kegiatan oganisme. bahan induk dan relief seiring dari berjabnnya waktu. Dari pernyataan terse but da pat disimpulkan baliwa ada lima faktor pembentuk tanah yaitu iklim. organLsme. bahan induk. relief (topografi) dan waktu. Iklim. organLsme dan waktu adalah faktor pembentuk tanah yang aktif, sedangkan bahan induk dan relief merupakan penyedia bahan dan tempat dalam proses pcmbentukan tanah.
Sumber daya udara adalah factor atau ciri adanya suatu kehidupan. Tinggi rendahnya suatu keputusan menentukan kualitas sumber daya alam yang lain,sedangkan kualitas sumber daya udara sangat menentukan perkembangan suatu kehidupan.

1.2.Rumusan Masalah
 Apa pengertian Sumber Daya Air,Udara, dan Tanah?
 Proses Pcmbentukan Sumber Daya Air, Tanah?
 apa Pemanfaatannya Sumber Daya Air, Udara, Tanah?
 Bagaimana Pcnyebarannya Sumber Daya Air?

1.3.Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
 Dapat mengetahui apakah Pengertian Sumber Daya Air, Udara, dan Tanah.
 Dapat mengetahui bagaimana pembentukan Sumber Daya Air, dan Tanah.
 Dapat mengetahui manfaat dari Sumber Daya Air, Udara, dan Tanah.
 Dapat mengetahui pcnyebarannya Sumber Daya Air.


1.4.Sistematika Penulisan
Kata pengantar, Daftar isi. Bab I terdiri dari latar bclakang, rumusan masalah, tujuan dm juga sistematika penulisan yang terdapat pada makalah ini. Bab II terdiri dari isi yang mcmbahas mengenai Pengertian Sumber Daya Air, Udara, dan Tanah, Pcmbentukan Sumber Daya Air, dan Tanah, Pemanfaatannya Sumber Daya Air, Udara, dan Tanah, dan Penyebarannya Sumber Daya Air. Bab III merupakan bab penutup dimana terdapat kesimpulan dan saran dari apa yang dibahas pada makalah ini, daftar pustaka.

BABII
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Surnber dava Air
Sumbcr daya air adalah sumbcr daya bcrupa air yang bcrguna atau potensial bagi manusia. Kegunaan air mcliputi penggunaan di bidang pertanian.industri, rumah tangga, rekreasi, dan aktivitas lingkungan. Sangat jelas terlihat bahwa selurah manusia membutuhkan air tawar. 97% air di bumi adalah air asin.dan hanya 3% bcrupa air tawar yang lcbih dari 2 per tiga bagiannya berada dalam bcntukcs di gUtsicr dan es kutub. Air tawar yang tidak membeku dapat ditcmukanterutama di dalam tanah bcrupa air tanah, dan hanya sebagian kecil berada di atas permukaan tanah dan di udara.
Air tawar adalah sumber daya terbarukan, meski suplai air bersih terus berkurang. Pcrmintaan air telah melcbihi suplai di beberapa bagian di dunia dan populasi dunia terus meningkat yang mengakibatkan peningkatan permintaanterhadap air bersih. Pcrhatian terhadap kepentingan global dalammempertahankan air untuk pelayanan ekosistem telah bermunculan, terutamasejak dunia telah kchilangan lebih dari setengah lahan basah bersama dengan nilai pelayanan ekosistemnya. Ekosistem air tawar yang tinggi biodiversitasnya saat ini terus berkurang lcbih ccpat dibandingkan dengan ekosistem laut ataupun darat

1. Air permukaan
Air permukaan adalah air yang terdapat di sungai, danau, atau rawa air tawar. Air permukaan secara alami dapat tergantikan dengan presipitasi dan secara alami menghilang akibat aliran menuju lautan, penguapan, dan penyerapan menuju ke bawah permukaan.Meski satu-satunya sumber alami bagi perairan permukaan hanya presipitasi dalam area tangkapan air, total kuantitas air dalam sistem dalam suatu waktu bergantung pada banyak faktor. Faktor-faktor tersebut termasuk kapasitas danau, rawa, dan reservoir buatan, permeabilitas
tanah di bawah reservoir, karakteristik aliran pada area tangkapan air, ketepatan waktu presipitasi dan rata-rata evaporasi setempat. Semua faktor tersebut juga memengaruhi besamya air yang menghilang dari aliran permukaan. Aktivitas manusia memiliki dampak yang besar dan kadang-kadang menghancurkan faktor-faktor tersebut. Manusia seringkali meningkatkan kapasitas reservoir total dengan melakukan pembangunan reservoir buatan, dm menguranginya dengan mengeringkan lahan basah. Manusia juga sering meningkakan kuantitas dan kecepatan aliran permukaan dengan pembuatan sauran-saluran untuk berbagai keperluan, misalnya irigasi.Kuantitas total dari air yang tersedia pada suatu waktu adalah hal yang penting. Sebagian manusia membutuhkan air pada saat-saat tertentu saja. Misalnya petani membutuhkan banyak air ketika akan menanam padi dan membutuhkan lebih sedikit air ketika menanam palawija. Untuk mensuplai petani dengan air, sistem air permukaan membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar untuk mengumpulkan air sepanjang tahun dan melepaskannya pada suatu waktu tertentu. Sedangkan penggunaan air lainnya membutuhkan air sepanjang waktu, misalnya pembangkit listrik yang membutuhkan air untuk pendinginan, atau pembangkit listrik tenaga air. Untuk mensuplainya, sistem perairan permukaan harus terisi ketika aliran arus rata-rata lebih rendah dari kebutuhan pembangkit listrik.
Perairan permukaan alami dapat ditambahkan dengan mengambil air permukaan dari area tangkapan hujan lainnya dengan kanal atau sistem perpipaan. Dapat juga ditambahkan secara buatan dengan cara lainnya, namun biasanya jumlahnya diabaikan karena terlalu kecil.Manusia dapat menyebabkan hilangnya sumber air permukaan dengan menjadikannya tidak lagi berguna, misalnya dengan cara polusi.
Brazil adalah negara yang diperkirakan memiliki suplai air tawar terbesar di dunia, diikuti oleh Rusia, Kanada, dan Indonesia.

a. Sungai
Sungai merupakan jalan air alami. mengalir menuju Samudera, Danau atau laut, atau ke sungai yang lain.Pada bebcrapa kasus, sebuah sungai secara sederhana mengalir meresap ke dalam tanah sebelum menemukan badan air lainnya. Dcngan melalui sungai merupakan cara yang biasa bagi iiir hujan yang turun di daratan untuk mengalir ke laut atau tampungan air yang besar seperti danau. Sungai terdiri diiri beberapa bagian, bcrmula dari mata air yang mengalir ke anak sungai. Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membcntuk sungai utama. Aliran air biasanya bcrbatasan dengan kepada saluran dengan dasar dan tebing di sebclah kiri dan kanan. Pcnghujung sungai di mana sungai bertemu laut dikenali sebagai muara sungai.
No
Nama Sungai
Lokasi
Panjang
1
 Bengawan Solo
 Jawa Tengah
 548,53 km
2
 Ci Sadane
 Jawa Barat
 126 km
3
 Ciliwung
 Jakarta
 120 km
4
 Ci Manuk
 Jawa Barat
 180 km
5
 Batang Hari
 Jambi
 800 km
6
 Sungai Barito
 Kalimantan Tengah
    909 km
7
 Sungai Kapuas
 Kalimantan Barat
 1.178 km.
8
 Sungai Kahayan
 Palangka Raya
     250 km.
9
 Sungai Mahakam
 Kalimantan Timur
     920 km
10
 Sungai Mamberamo
 Papua
     670 km

b. Laut
laut adalah kumpulan air asin dal am jumlah yang ban yak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Jadi laut adalah merupakan air yang menutupi permukaan tanah yang sangat luas dan umumnya mengandung garam dan berasa asin. Biasanya air mengalir yang ada di darat akan bcrmuara ke laut.
No
Nama Laut
Lokasi
Kedalaman
1
 Laut Arafura
 sebelah selatan Kepulauan Aru
  650.000 km2
2
 Laut Banda
 sebelah selatan Pulau Seram
  470.000 Km"
3
 Laut Flores
 sebelah utara Pulau Flores
        5.123 meter
4
 Laut Sawu
 Pulau Sawu.
    105.000 Km"
5
 Laut Jawa
 sebelah utara Pulau Jawa
 1,790,000 Km"
6
 Laut Maluku
 sebelah barat Pulau Halmahera
    200,000 Km"
7
 Laut Sawu
 sebelah selatan Pulau Flores
     105.000 Km"
8
 Laut Seram
 sebelah utara Pulau Seram
       12.000 Km"
9
 Laut Halmahera
 sebelah utara Pulau Sulawesi
       95.000 km2
10
 Laut Timor
 sebelah timur Pulau Timor
       20.000 km2

c. Danau
Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencaimya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga. Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi olch air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi olch daratan. Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di be I ah an bumi utara pada ketinggian yang lebih atas.
No
Nama Danau
Lokasi
Luas
1
 Danau Singkarak
 Sumatera Barat
    107,8 km2
2
 Danau Laut Tawar
 Nanggroe Aceh    
 Darussalam
 5.472    hektar
3
 Danau Maninjau
 Sumatra Barat
       99,5 km
4
 Danau Ranau
 Lampung
 128 km persegi
5
 Danau Towuti
 Sulawesi Selatan
 561,l Km persegi
6
 Danau Tempe
 Kabupaten Wajo
 13.000    hektar
7
 Danau Sembuluh
 Kalimantan Tengah
   7.832,5 ha
8
 Danau Sentani
 Papua
   9.360    ha
9
 Danau Wanayasa
 Purwakarta
          7     ha
10
 Situ Lengkong
 Ciamis
       70     Ha

d. Waduk
Waduk adalah kolam bestir tempat penyimpanan air sediaan untuk bcrbagai kchidupan
No
Nama Waduk
Lokasi
Luas
1
 Waduk Cirata
 Jawa Barat
 43.777,6 ha,
2
 Waduk Jatiluhur
 Jawa Barat
   8.300    ha
3
 Waduk karangkates
 Jawa Timur
          6     hektar
4
 Waduk Malahayu
 Jawa Tengah
      944    hektare
5
 Waduk Saguling
 Jawa Barat
   5.607    ha
6
 Way Rarem
 Lampung
        49,2 ha,
7
 waduk Cacaban
 Jawa Tengah
   6.792,71 ha
8
 WadukRiam Kanan
 Kalimantan Selatan
   6.800  Ha
9
 Bendungan Bilibili
 Sulawesi Selatan
 40.428  hektar
10
 waduk darma
 Jawa Barat
       425  ha

2.5 Air tanah
Air tanah adalah air tawar yang terletak di ruang pori-pori antara tanah dm bcbatuan dalam. Air tanah juga berarti air yang mengalir di lapisan aquifer di bawah water tabic. Terkadang berguna untuk membuat perbedaan antara perairandi bawah pcrmukaan yang bcrhubungan erat dcngan perairan pcrmukaan dan perairan bawah tanah dalam di aquifer (yang kadang-kadang disebut dengan "air fosil").Sistem perairan di bawah permukaan dapat disamakan dengan sistem perairan permukaan dalam hal adanya input, output, dan penyimpanan. Perbedaanyang paling mendasar adalah kecepatan dan kapasitasnya; air tanah mengalir dengan kecepatan bervariasi, antara bcberapa hari hingga ribuan taliun untuk muncul kembali ke perairan permukaan dari wilayah tangkapan hujan, dan air tanah memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lcbih besar dari perairan permukaan.Input alami dari air tanah adalah serapan dari perairan pcrmukaan,terutama wilayah tangkapan air hujan.
Sedangkan output alaminya adalah mata air dan serapan menuju lautan.Air tanah mengalami ancaman berarti menghadapi penggunaan berlcbihan.misalnya untuk mengairi lahan pertanian. Penggunaan secara belebihan di area pantai dapat menyebabkan mengalirnya air laut menuju sistem air tanah,menyebabkan tiir tanah dan tanah di atasnya menjadi asin (intrusi air laut). Selainitu, manusia juga dapat menyebabkan air tanah terpolusi, sama hairy a dengan air permukaan yang menyebabkan air tanah tidak dapat digunakan.

1. Air tanah dangkal
Air freatis ad ill ah air tanah yang terletak di atas lapisan kedap air tidak jauh dari permukaan tanah.Air freatis sangat dipengaruhi oleh resapan air di sekelilingnya. Pada musim kemarau jumlah air freatis bcrkurang. Sebaliknya pada musim hujan jumlah air freatis akan bertambah. Air freatis dapat diambil melalui sumur atau mata air.

2. Air tanah dalam
Air artesis adalah air tanah yang terletak jauh di dalam tanah, di antara dua lapisan kedap air.Lapisan di antara dua lapisan kedap air tersebut disebut lapisan akuifer. Lapisan tersebut banyak menampung air. Jika lapisan kedap air retak, secara alami air akan keluar ke permukaan. Air yang memancar ke permukaan disebut mata air artesis. Air artesis dapat dapat diperolch melalui pengeboran. Sumur pengeborannya disebut sumur artesis

2.2 Pembentukan Sumber Daya Air
Proses Pembentukan sumber daya air di alam teryata sangat sulit. Apabila terdapat sejumlah atom hidrogen dan oksigen yang merupakan komponen penyusun molekul air dengan perbandingan tcrtentu dalam sebuah bejana kaca dengan jangka waktu yang sangat lama.ratusan bahkan sampai ribuan tahun lamanya, maka belum tentu atom-atom tersebut akan segera bereaksi membcntuk molekul air, kalaupun
terbentuk, maka tidiik akan lcbih dari segelintir pada dasar wadah dan itupun akan terjadi dengan sangat lambat. Hal itu disebabkan karena faktor suhu yang tidak mendukung, dimana pada suhu kamar antara Oksigen dan Hidrogen sangat lambat untuk bereaksi. Dalam keadaan bcbas, Oksigen dan Hidrogen ditemukan sebagai molekul H2 dan 02.Untuk dapat bergabung membentuk molekul air H20 maka keduanya harus bcrtubrukan.supaya ikatan-ikatan yang membentuk masing-masing molekul hidrogen dan oksigenmelemah, akibatnya tidak ada lagi penghalang untuk bergabungnya atom oksigen danhidrogen tersebut membentuk molekul air H20. Temperatur yang tinggi akan bcrpengruhtcrhadap kecepatan reaksi antara molekul Hidrogen dm Oksigen.
Dengan temperatur yang tinggi akan meningkatkan energi, begitu pula dengan kecepatan molekul-molekulyang bcrgerak semakin cepat schingga menyebabkan terjadinya peningkatan jumlahtubrukan an tar molekul. Akibat dari semua ini, reaksi yang terjadi bcrjalan semakincepat, sehingga tcrbentuklah apa yang disebut sebagai molekul air.Pada saat sekarang ini, tidak ada lagi temperatur yang cukup tinggi untuk membentuk air di permukaan bumi. Panas yang diperlukan untuk pembentukan air pada awalnya disuplaiselama terbentuknya bumi ini, yang mana akhimya memunculkan banyak air sebanyak yang menutupi tiga perempat permukaan bumi. Air tidak lagi terbentuk baru, namun yangterjadi adalah air yang ada di permukaan bumi menguap kemudian naik ke atomosfir.selanjutnya menjadi dingin dan akhimya kcmbali ke bumi dalam bentuk hujan. Olehkarena itulah sehingga jumlah air tidak akan pernah bertambah tapi hanya mengalamisiklus yang terjadi secara terus menerus.

2.3 Pemanfaatan Sumber Dava air
Seluruh makhluk hidup di muka bumi membutuhkan air. Sejak itu kehidupan, mahluk hidup terutama manusia telah memanfaatkan air untuk kelangsungan hidupnya, bahkan mutlak dibutuhkan manusia. Seiring dengan pertambahan
penduduk dan perkembangan industri, kebutuhan manusia akan air cenedrung meningkat.

Berikut adalah manfaat sumbcr daya airsebagai pendukung kchidupan.
1.      Sumber bahan pangan. Manusia dan hewan dapat memperoleh sumber makanan dari perairan, seperti berbagai jenis ikan, rumput laut, kepiting, udang, kereang dan lainnya.
2.      Prasarana lalulintas air antar pulau atau antarbenua. Wilayah yang didominasi oleh perairan sangat bergantung pada lalulintas air, seperti adanya sungai atau laut inilah hubungan antar wilayah dapat erjalin.
3.      Fungsi energi seperti pembangkit tenaga. Pergerakan air pasang dan surut dapat menghasilkan energi listrik. Selain itu, arus laut dapat dimanfaatkan ebagai energi pendorong perahu secara alami.
4.      Fungsi rekreasi. Kondisi pantai, danau, dan lau yang indah dan bersih difungsikan sebagai objek wisata.
5.      Fungsi pengaturan iklim. Perbedaan sifat fisik air laut dan daeratan dapat memengaruh gereakan udara (angin). Hal ini selanjutnya memanaskan perairan dan mengakibatkan penguapan kemudian turun sebagai hujan.
6.      Sebagai tempat usaha perikanan. Manusia memanfaatkan perairan sebagai usaha perikanan, seperti tambank udang, pengembangbiakan kerang mutiara dan sejenisnya.
7.      Sumber mineral, seperti garam, kalium karbonat, dan sejenisnya
8.      Sumber bahan tambang, seperti minyak bumi, timah, gas alam, dan sejenisnya Dengan ke 8 manfaat sumber daya air ini kita dapat memaksimalkan sumber daya air yang ada dan tentunya tetap menjaga dan melestarikannya untuk kebutuhan sekrang dan masa yang akan datang.

2.4 Persebaran Sumber daya Air di Indonesia
Di indonesia Persebaran sumbcr daya airnya tidak merata, hal ini seperti yang di tunjukan dalam peta perairan indonesia, meskipun kondisi umum sumber daya air diIndonesia ini memiliki cadangan air yang cukup bestir 2530 km3 (no. 5 di dunia), namun sebarannya tidak merata. Contohnya di wilayah barat untuk sumbcr daya airnya cukup besar namun di timur dan selatan kurang. Hal ini diperparah karena bertambahnya jumlah penduduk yang tidak merata, seperti di pulau jawa yang hanya 7% dari luas lahan di Indonesia, sekitar 65% penduduk Indonesia tinggal di pulau ini dan potensi airnya hanya 4,5 % dari potensi air di Indonesia, sehingga hal ini ketersediaan air di tiap-tiap wilayah tidak sama.Seperti yang tcrlihat di peta perairan indonesia di atas bahwa Pcrsebaran potensi air tanali dan air permukaan di Indonesia jika di persentasekan adalah sebagai bcrikut :
1.      Kalimantan            : 30.4%
2.      Sumatera              : 24.6%
3.      Papua                    : 23.8%
4.      Sulawesi                : 14.8%
5.      Jawa dan Bali        : 6.4%

Dari persentase di atas jelas terlihat bahwa pulau jawa merupakan pulau yang memiliki sumbcr daya air terkecil dan kalimantan sebagai pulau yang memiliki sumbcr daya air terbesar di indonesia. walaupun kondisi Pulau Jawa seperti itu ternyata sumbcr irigasi di pulau jawa cukup besar yaitu sekitar 49% dari irigasi yang ada di luar pulau jawa dan itu menyumbang hampir 60% produksi beras di Indonesia, di Indonesia yang paling parah cadangan airnya cukup krisis di daerah NTT, indeks perkapitanya 1600 m3 suatu daerah indeks perkapitanya di bawah 2000m3 perkapita/tahun bcrarti itu sudah mengalami stress area dari sisi penyediaan airnya. Dan pulau Jawa yang mengalami krisis air paling parah ada di bagian timur dan selatan pulau Jawa dan salah satu upaya untuk mengatasinya adalah menyiapkan 8 buah waduk di sekitar agar DAS Brantas dapat menampung air lebih banyak lagi, sehingga dapat menyumbang 25% produksi beras di wilayah jawa timur.
Dari peta perairan di atas dapat di lihat bahwa indonesia merupakan negara dengan potensi sumbcr daya air yang cukup besar sehingga tidaklah hcran indonesia merupakan negara ke 5 yang memiliki sumber daya air terbesar dunia. Dengan sebaran air yang tidak merata ini sebenarnya memberikan peluang kepada kita sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan sumbcr daya alam yang khususnya
air untuk          meningkatkan dan      menggali potensi yang ada untuk kebaikan bersama
dalam membangun dan mensejahterakan rakyat, namun sayang masih banyak di antara pulau-pulau yang memiliki potensi besar bclum di manfaatkan.

2.5 Sumber Daya Alam Udara
Sumber daya udara adalah factor atau ciri adanya suatu kehidupan. Tinggi rendahnya suatu keputusan menentukan kualitas sumber daya alam yang lain.sedangkan kualitas sumber daya udara sangat menentukan perkembangan suatu kehidupan. Meskipun hampir di setiap sekolah ada paididikan lingkungan ludup. Hanya sedikit pelajar yang memiliki kesadaran untuk mengaplikasikan suatu pembelajaran lingkungan hidup pada kehidupannya Kebanyakannya seseorang hanya mempelajari tanpa mengaplikasikan suatu pelajaran ekologi dan sesekarang bertindak tampa memperhatikan dampak ymg di timbulkannya tersebut.

Dari sumber daya udara juga ada beberapa udara yang kita ketahui, sebagai berikut :
a Oksigen
Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida). Pada Tcmperatur dan tekanan standar, dua atom unsur ini bcrikatan menjadi dioksigen, yaitu senyawa gas diatomik dengan rumus Oj yang tidak berwama, tidak berasa, dan tidak bcrbau.

b.Karbon Dioksida
Karbon dioksida (rumus kimia: CO2) atau zat asam arang adalah sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon. Ia bcrbentuk gas pada keadaan temperatur dan tekanan standar dan hadir di atmosfer bumi. Rata-rata konsentrasi karbon dioksida di atmosfer bumi kira-kira 387 ppm berdasarkan volume walaupun jumlah ini bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan waktu. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang penting karena ia menyerap gelombang inframerah dengan kuat.

c.Karbohidrat
Karbohidrat (’hidrat dari karbon’, hidrat arang) atau sakarida (dari bahasa Yunani ndxyopov, sakcharon, berarti "gula") adalah segolongan besar senyawa organik yang paling mclimpah di bumi. Karbohidrat memiliki bcrbagai fungsi dal am tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada he wan), dan materi pembangun (misalnya selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur).1'1 Pada proses fotosintesis, tetumbuhan hijau mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat.

2.6.Pemanfaatan sumber daya udara
1.      Meskipun udara tanpa rasa, tanpa bau, dan (hampir disemua waktu) tak tampak, udara telali mclindungi kita dari tcrik sinar matahari danmenyediakan kita bcrbitgai campuran gas yangmembuat kehidupan di bumi dapat tumbuh kembang.
2.      Sumber kehidupan mahluk hidup.
3.      Pengembangan : Pengembangan siswa agar menjadi berprestasi dengan mengetahui sumber daya udara bertujuan untnk setiap siswa mempunyai pribadi yang berprilaku baik.
4.      Perbaikan : menambah daya pikir tentang suatu ilmu pengetahuan khususnya yang lebih
bermartabat
5.      Penyaringan: untuk menyaring budaya bangsa sendiri dan budaya asing dengan mengembangkan manfaat sumber daya udara.

2.7 Sumber daya tanah
Sumberdaya tanah merupakan sumberdaya alam yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia karena dipcrlukan dal am setiap kegiatan manusia, seperti untuk pertanian, daerah industri, daerah pemukiman, jalan untuk transportasi, daerah rekreasi atau daerah-daerah yang dipelihara kondisi alamnya untuk tujuan ilmiah. Sitorus (2001) mendefinsikan sumberdaya I ah an (hind resources) sebagai lingkungan fisik terdiri dari iklim, relief, tanah, air dan vegetasi serta benda yang ada di atasnya sepanjang ada pengaruhnya tcrhadap penggunaan lahan.
tanah adalah   hipisan kulit bumi yang tipis terletak di bagian paling atas permukaan bumi. Tanah merupakan suatu gejala alam permukaan daratan yang membentuk suatu zone dan biasa disebut pedosfer, tersusun atas ball an lepas bcrupa pecahan dan hipukan batuan bercampur dengan bahan organik (Notohadiprawiro, 1993). Dokuchaiev (1870) dalam E-dukasi.net mengatakan bahwa tanah adalah suatu benda fisis yang berdimensi tiga terdiri dari panjang, lebar, dan dalam yang merupakan bagian paling atas dari kulit bumi dan mcmpunyai sifat-sifat yang berbeda dengan bahan yang ada di bawahnya sebagai hasil kerja interaksi antara iklim, kegiatan oganisme, bahan induk dan relief selama waktu tertentu.
Seperti definisi diatas tanah tercipta dari hasil interaksi antara iklim, kegiatan oganisme, bahan induk dan relief seiring dari beijalannya waktu. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada lima faktor pembentuk tanah yaitu iklim,

organisme, bah an induk, relief (topografi) dan waktu. Iklim, organisme dan waktu adalah faktor pembcntuk tanah yang aktif, sedangkan bahan induk dan relief merupakan penyedia bahan dan tempat dalam proses pembentukan tanah.

Ada beberapa macam tanah juga, seperti berikut :

1.Tanah Humus
Tanah humus adalah tanah yang sangat subur terbcntuk dari lapukan daun dan batang pohon di hutan hujan tropis yang lebat.

2.Tanah Pasir
Tanah pasir adalah tanah yang bersifat kurang baik bagi pertanian yang terbentuk dari batuan beku serta batuan sedimen yang memiliki butir kasar dan berkerikil.

3.Tanah Alluvial / Tanah Endapan
Tanah aluvial adalah tanah yang dibentuk dari lumpur sungai yang mengendap di dataran rendah yang memiliki sifat tanah yang subur dan cocok untuk lahan pertanian.

4.Tanah Podzolit
Tanah podzolit adalah tanah subur yang umumnya berada di pegunungan dengan curah hujan yang tinggi dan bersuhu rendah / dingin.

5.Tanah Vulkanik/Tanah Gunung Berapi
Tanah vulkanis adalah tanah yang terbentuk dari lapukan mated letusan gunung berapi yang subur mengandung zat hara yang tinggi. Jenis tanah vulkanik dapat dijumpai di sekitar lereng gunung berapi.

6.Tanah Latent
Tanah laterit adalah tanah tidak subur yang tadinya subur dm kaya akan unsur hara, namun unsur hara tersebut hiking karena larut dibawa olch air hujan yang tinggi. Contoh : Kalimantan Barat dan Lampung.

7.Tanah Mcditeran / Tanah Kapur
Tanah mcditeran adalah tanah sifatnya tidak subur yang terbcntuk dari pelapukan batuan yang kapur. Contoh : Nusa Tenggara, Maluku, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
8.Tanah Gambut /Tanah Organosol
8. Tanah organosol adalah jenis tanah yang kurang subur untuk bercocok tanam yang merupakan hasil bentukan pelapukan tumbuhan rawa. Contoh : rawa Kalimantan, Papua dan Sumatera.

a. Pembentukan Sumber Daya Tanah
Pcmbentukan Tanah Kebanyakan tanah terbentuk dari pelapukan batuan dan mineral (kuarsa, feldspar, mika, hornblende, kalsit, dan gipsum), meskipun ada yang bcrasal dari tumbuhan (gambut/peat; Histosol).
Tanah adalah material yang tidak padat yang terletak di permukaan bumi, sebagai media untuk menumbuhkan tanaman (SSSA, Glossary of Soil Science Term). Jenny, H (1941) dalam buku Factors of Soil Formation : tanah terbentuk dari interaksi banyak faktor, dan yang terpenting adalah : bahan induk (parent material); iklim (climate), organisme (organism)’; topografi (Relief); waktu (time).

b. Pemanfaatan Sumber Daya Tanah
Berikut Pemanfaat sumber daya tanah untuk kehidupan, yaitu ;
1.      Penyediaan unsur hara untuk tumbuhan. Ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat produksi suatu tumbuhan. Jumlah dan jenis unsur hara yang tersedia di tanah dan dibutuhkan oleh tumbuhan haruslah sesuai dm seimbang.
2.      Penyedia makanan untuk biota tanah. Tanah menjadi habitat pengurai yang menguraikan sisa organisme mati menjadi bahan makanan yang dibutuhkan oleh tanaman dm organisme lain.
3.      Sebagai habitat hidup dan melakukan kegiatan. Tanah merupakan tempat manusia dan makhluk hidup lainnya melakukan kegiatannya. Di dalam tanah, hidup pula bcrbagai organisme tanah, misalnya cacing tanah.
4.      Sumbcr bahan baku barang kerajinan atau perabot rumah tangga. Kandungan tanah Hat dapat di manfaatkan manusia untuk membuat batu bata, barang-barang seni dan kerajinan, maupun alat-alat rumah tangga. Tanah Hat juga dapat dimanfaatkan salah satunya sebagai bahan baku genteng penutup atap rumah atau bangunan.
5.      Memiliki nilai ekologi, yaitu mampu menyerap dan menimpan air (melindungi tata air), menekan erosi, serta menjaga kesuburan tanah.
6.      Memiliki nilai ekonomis yaitu sebagai aset yang dapat disewakan atau diperjual belikan
7.      Mcngandung barang tambang atau bahan galian yang berguna untuk manusia.

BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumbcr daya alamnya, baik sumbcr daya alam hayati maupun sumbcr daya alam non hayati. Kekayaan alam Indonesia terdapat di permukaan bumi, di dalam perut bumi, di laut dm di udara.
Berdasarkan ketersediaanya sumbcr daya alam tcrbagi dalam dua kelompok besar yaitu sumber daya alam yang dapat dipcrbarui dm sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

3.2. Saran
Dalam penulisan makalah ini penulis menyadari bahwa masih bmyak kekurangannya atau masih jauh dari kesempumaannya seperti yang diharapkan olch karena itu kritik dan saran baik itu dari bapak/Ibu Gum maupun rekm siswa/i yang bersifat konstruktif sangat diharapkan guna memperbaiki penulisan lebih lanjut.


DAFTAR PUSTAKA

No comments:

Post a Comment

Pastikan komentar anda adalah berupa pertanyaan, koreksi, atau hal serupa lainnya yang bermanfaat bagi anda atau pengguna lainnya dikemudian hari, komentar yang bersifat basa-basi sepert, thanks, semoga bermanfaat, atau hal serupa lainnya akan dihapus.