KATA PENGANTAR
Puji
syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat, karunia terutama
kesempatan yang diberikan-Nya, sehingga penulis dapat menyelasaikan penulisan
makalah ini secara tuntas, walaupun masih banyak terdapat kekurangan. Selama
proses penulisan makalah ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai
pihak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu dari hati
yang paling dalam penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak
yang telah membantu penulisan makalah ini. Sebagai manusia biasa penulis
menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan
dan kekeliruan, baik dari segi isi maupun dari segi penulisanya. Segala
kritikan dan masukan dari semua pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat
berharga bagi penulis demi kesempurnaan makalah ini.
Bengkulu , Juni 2020
Penulis
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Minimarket alfa adalah usaha menengah yang diraih dengan asset
yang standard tidak melewati seperti kebutuhan primer, sekunder selebihnya
semacam supermarket dan hypermart. Tapi kini pertumbuhan usaha bisnis semakin
pesat utuk itu kami selaku kelompok ingin mengetahui dan mempelajari sistem
informasi dan memajang barang yang dijual yang berada didalamnya. Dengat
melakukan riset setidaknya kelompok kami mengamati, melihat mempelajari,
memperhatikan walaupun sekedarnya, dan memperaktekan sistem-sistem yang ada.
Perkembangan industri bisnis di Indonesia begitu sangat pesat,
namun tidak seiring informasi yang menunjang, sangat sulit mencari informasi
perkembangan bisnis di dunia internet. Banyak di dunia bisnis yang infonya
dapat di searching google kebanyakan dalam internet ikalan yang tidak ada
hubungan dengan informasi yang kita cari bisnis menengah secara umum adalah
kegiatan usaha menjual aneka barang atau jasa dan bersentuhan langsung pada
kosumen atau customer secara umum usaha tidak membuat barang dan tidak menjual
ke pengecer lain akan tetapi dalam praktik usaha bisnis modern saat ini tidak
tertutup kemungkinan banyak pengecer kecil membeli di gerai agen-agen,
mengingat perbedaan harga yang muncul pada waktu-waktu promosi tertentu yang
dilakukkan oleh usaha besar. Bisnis usaha di Indonesia secara umum dapat
diklasifikasi menjadi dua modern dan tradisional. Usaha modern sebenarnya
merupakan pengembangan dari usaha kecil tradisional,yang para praktiknya
mengaplikasikan kosep yang modern, pemanfaatan tehnologi dan akomodasi
perkembangan gaya hidup dimasyarakat (konsumen) sehari-hari. Semakin banyak perusahaan
menawarkan produk barang dan jasa maka konsumen memiliki pilihan yang banyak,
dengan demikian kekuatan tawar menawar konsumen semakin besar oleh karena itu,
perusahaan harus mengetahui apa kebutuhan dan keinginan konsumen, kemudian
berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut hasil pemasaran suatu
perusahaan dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk maju dan mundurnya
perusahaan.harapanya pelanggan diyakini mempunyai peranan yang besar menentukan
kualitas produk dan kepuasaan pellanggan, penelitian ini memilih alfamart
sebagai obyek penelitian karena konsep perdagangan eceran yang diciptakan oleh
alfamart yang dirancang untuk memuaskan para konsumen ditambah dengan
fasilitas-fasilitas pelengkap seperti tenant, parker gratis bahkan adanya
diskon berbelanja dengan menggunakan kartu aku, maka alfamart benar-benar
merupakan suatu alternatif tempat berbelanja keluarga, alfamart memulai
sejarahnya berdiri sebagai perusahaan dagang produk Djoko Susanto dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikan
dijual kepada PT. Sampoerna pada
desember 1989. Struktur kepemilikan berubah menjadi 70%, PT. Sampoerna Tbk. dan 30% PT. Sigmantara Alfindo (keluarga Djoko Susanto) alfamart pertama mulai
beroperasi di Jl. Beringin Jaya, Karawaci, Tangerang Banten, jumlah alfamart
bertumbuh pesat hingga Mei 2011, jumlah gerai alfa sebanyak 4000 unit gerai,
jumlah gerai sebelumnya menargetkan bias membuka 600 gerai. Hingga tahun lalu,
jumlah gerai mereka sebanyak 3.373 alfa akan mengembangkan pembukaan di
beberapa wilayah Indonesia timur. Menurut Suranto dan Anand Miftachur Riza (2005)
dalam konteks kepuasaan pellanggan tentang apa yang akan diterimanya.dengan
demikian harapan pellangan yang melatar belakangi mengapa dua organisasi bisnis
yang berbeda oleh pelanganya dirumuskan factor apa yang membedakan perilaku
dalam membeli.
Menurut Suryamojo (2006) dalam keyataanya koperasi pegawai yang
belum mampu mencapai tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang
diharapkan,apalagi untuk dapat bersaing dengan pelaku usaha yang lain. Berbagai
faktor yang mempengaruhi jumlah dan berkembang koperasi misalnya:kualitas keangotaan,
peluang usaha serta memecahkan masalah yang muncul, sehingga pengelolaan
koperasi tidak lepas dari pemenuhan kebutuhan para anggotanya maupun kebutuhan
sekitarnya. Masih senatiasa berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada
para angotanya sebagai konsumen. Dengan melakukkan strategi pemasaran yang baik
serta mempelajari beragam karakteristik perilaku konsumen.
B. Rumusan Masah
1.
Bagaimana
Profil, Sejarah serta Visi, Misi dan Budaya Perusahaan ?
2.
Bagaimana
Segmentasi Dan Target ?
3. Bagaimana Analisa Perancangan Program ?
C. Maksud dan
Tujuan
Maksud dan tujuan penulis ini adalah agar bisa bermanfaat bagi
penulis dan pembaca dengan adanya tugas riset ke instansi kepihak swasta
diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan kedalam dunia usaha pada saat
selesai studi nanti serta dapat menambah pengalaman dan pengetahuan yang
setidaknya untuk kami ataupun rekan-rekan kami.ini merupakan kesempatan untuk
mendapatkan kesempatan untuk melakukkan riset pembelajaran kami di perusahaan
swasta.
D. Metode
Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelusuran
langsung kesuatu perusahan suatu cabang alfamart, metode pengumpulan makalah
ini dari websait alfamart, dan situs-situs di internet seperti google.com.
Menurut kelompok kami dari ketiga itu sudah cukup untuk bahan-bahan pembuatan
suatu makalah.
BAB II PEMBAHASAN
A. Profil
Perusahaan
Data tentang perusahan adalah data yang didapat pada saat data
tersebut terdapat dari suatu perusahaan yang belum dikelola. Data yang
dikelolah adalah data yang masuk kedalam subsistem dan sudah dikelolah dengan
mengunakan sistem database. Maka dapat mengelolah dan membangun dengan suatu
usaha menengah yang sedang kami proses dan membuat suatu cabang-cabang di
daerah lingkungan sekitar anda, dan perusahan kami mengunakan database basic untuk
mengetahui program harga yang diberikan kepada konsumen dan memberikan
pelayanan kebutuhan sehari-hari yang baik dalam menangani sebuah pelayanan
konsumen yang ada diusaha kami (alfamart) ini. Manfaat bagi konsumen :
1.
Memberikan pelayanaan yang
baik
2.
Memberikan kebutuhan sehari
hari dan memberikan harga yang pas.
3.
Memberikan harga puas dan
pas.
Didalam sistem informasi yang digunakan dalam hal sistem informasi
keuangan dengan guna untuk meyelengarakan dan mengelolah suatu keuangan dalam
perusahaan. Sedangkan dalam pembelanjaan kasir perusahaan kami mengunakan
pemograman database untuk mengetahui kode dan harga yang perusahan kami jual.
B. Sejarah
Perusahaan
Alfamart adalah sebuah brand minimarket peyediaan kebutuhan hidup
sehari – hari oleh PT. Sumber Alfaria
Trijaya Tbk. Pada tahun 1989 merupakan awal berdirinya alfamart, dengan
mulainya usaha dagang rokok dan barang–barang konsumsi oleh Djoko Susanto dan
keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikanya dijual kepada PT.HM Sampoerna
pada tahun 1989. Pada tahun 1994 struktur kepemilikan berubah menjadi (70%)
dimiliki oleh PT. HM Sampoerna Tbk dan
(30%) dimiliki oleh PT. Sigmantara
Alfindo (keluarga Djoko Susanto) PT. Alfa Minimart Utama (AMU) di
dirikan pada tanggal 27 Juli 1999, dengan pemegang saham PT. Alfa Retailindo
Tbk sebesar (51%) dan PT. Lancar Distrindo sebesar sebesar (49%), PT. Alfa
Minimart Utama (AMU) ini kemudian membuka alfa minimart pada tanggal 18 Oktober
1999 berlokasi Jalan Beringin Raya, Karawaci. Tangerang. Pada tanggal 27 Juli 2002,
PT HM Sampoerna Tbk secara resmi merestrukturisasi kepemilikanya sahamnya di
PT.Alfa Retailindo yang semula (54,40%) dikurangi menjadi (23,4%) disisi lain,
perusahaan rokok terbesar kedua di Indonesia akan mulai mengarap serius pasar
minimarket yang selama ini belum tergarap melalui alfa. 7
Pada tanggal 1 Agustus 2002,kepemilikan beralih ke PT. sumber
Alfaria trijaya dengan pemegang saham PT. HM Sampoerna Tbk sebesar (70%) dan
sigmantara alfindo sebesar (30%) kemudian nama alfa minimart diganti menjadi
alfamart pada 1 Januari 2003. Pada tahun 2005 jumlah gerai alfamart bertumbuh
pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam 6 tahun semua took berada dipulau jawa.
Awal tahun 2006 PT. HM Sampoerna Tbk menjual sahamnya, sehingga struktur
kepemilikan menjadi PT. Sigmantara Alfindo (60%) dan PT. Cakrawala Mulia Prima
(40%) mendapat sertifikat ISO 9001:2000 untuk sistem manajemen mutu”.
Petengahan 2007 Alfamart, sebagai jarang minimarket pertama di Indonesia yang
memperoleh sertifikat ISO 9001:2000 untuk sistem manajemen mutu. Jumlah gerai
mencapai 2000 toko dan telah memasuki pasar lampung. Awal 2009 menjadi
perusahaan publik tanggal 15 Januari 2009 dibursa efek Indonesia disertai
dengan penambahan jumlah gerai mencapai 3000 toko dan juga memasuki pasar bali.
C. Visi, Misi dan Budaya
1. Visi
Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang memiliki oleh
masyarakat luas berorientasi kepada pemberdayaan usaha kecil, memenuhi
kebutuhan, harapan konsumen, serta mampu bersaing global
2. Misi
a. Memberikan kepuasan pada
pellanggan /konsumen dengan berfokus pada produk pelayanan yang berkwalitas
unggul.
b.
Selalu menjadi yang terbaik
dalam segala hal yang dilakukkan dan selalu menegakkan tingkahlaku/etika bisnis
yang tertinggi.
c. Ikut berpartisipasi dalam
membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa wisatawan dan kemitrausahan.
d. Membangun organisasi global
yang terpercaya, tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan,
pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat umum.
3. Budaya
a.
Integritas tinggi
b.
Inovasi untuk kemajuan lebih
baik.
c.
Kualitas dan produktivitas
yang lebih tinggi.
d.
Kerjasama tim.
e.
Kepuasan pelanggan melalui
standar pelayanan yang baik.
Motto: “Belanja
Puas, Harga Pas”
D. Segmentasi Dan Target
Segmentasi adalah cara membagi atau memilih suatu pasar yang ingin
kita layani dengan mempertimbangkan factor-faktor tertentu seperti geografi,
demografi dan psikografi :
1. Segmentasi
Alfamart merupakan perusahaan jasa distributor eceran yang menyediakan
kebutuhan pokok dan sehari-hari dengan
luas kurang dari 250 m².
Target adalah satu atau lebih segmen pasar yang akan menjadi
sasaran pasar (target market)
2.
Target
Geografis (Di mana mereka berbelanja)
a.
Area perumahan
b.
Fasilitas publik
c.
Gedung perkantoran
3.
Demografi (Siapa yang
berbelanja)
a.
Ibu rumah tangga
b.
Anak-anak
c.
Kelas menengah (SES B &
C)
4.
Psikografi (Mengapa mereka
berbelanja)
a.
Kenyamanan
b.
Lingkungan yang ramah
c.
Memilih sendiri sebelum
membeli
E. Kebanggan Perusahaan
Kebanggan adalah suatu unggulan tersendiri yang diperoleh dari
hasil kerja selama bertahun-tahun untuk bermotivasi lebih maju lagi. Kebanggan
perusahan adalah :
1)
Memiliki pelanggan yang
banyak
2)
Pelopor dan pemimpin pasar
dalam bisnis minimarket modern
3)
Sudah memiliki
jaringan,tempat dan jumlah toko yang paling banyak dan terus bertambah
4)
Menerima penghargaan dan
sterfikat –sertifikat dan muri pada tahun 2010 s/d 2011 yang diterima oleh
perusahaan alfa sebagai terbanyak bekerja sama kepada sponsor.
F. Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit
kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja
dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang
berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur
organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran
perintah dan penyampaian laporan.
Tugas masing-masing dari struktur organisasi :
1. Board Of Commisioners
a)
Melakukan pengawasan atas
jalanya dan memberikan nasihat kepada direktur.
b) Dalam melakukkan tugas dewan
direksi pada kepentingan perusahan dan sesuai dengan maksud dan tujuan
perusahaan.
c) Kewengan khusus dewan
komisaris bahwa dewan komisaris dapat diamatkan dalam anggaran dasar untuk
melaksanakkan tugas-tugas tertentu direktur.
d) Membuat risalah rapat dewan komisaris dan meyimpan salinan rapat.
e)
Melaporkan kepada perusahaan
kepada kepemilikan pengawasan yang telah dilakukkan.
f)
Memberikan laporan tentang
tugas-tugas pengawasan yang telah dilakukkan.
2. Audit Commite
a) Melakukan penelaan terhadap
informasi keuangan yang diterbitkan.
b) Penelaan atas ketaatan
perusahaan terhadap undang-undang dibidang pasar modal dan dibidang lain yang
relevan.
c) Melakukkan penelaan terhadap
indepedensi dan objektivitas akutan public.
d) Penelaan terhadap kecukupan pemeriksaan yang dilakukkan oleh
public untuk memastikan semua resiko yang penting telah dipertimbangkan.
e)
Melakkukan juga terdapat
pengaduan yang terdapat yang berkaitan dengan perusahaan.
3. Board Of Directors
a)
Memipin perusahaan dengan
menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan.
b)
Memilih, menetapkan,
mengawasi tugas-tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer).
c)
Meyetujui anggaran tahunan
perusahan
4. Corporate Audit.
a) Meyediakan penipuan
deteksi,invertigasi dan pengalaman forensic akutansi dan keahlian untuk program
monitoring.
b) Mengembangkan dan menetapkan
prosedur investigasi dengan tren yang tidak biasa atau pola dan anomaly untuk
disposisi.
c)
Berinteraksi dengan manajer
senior.
d) Mendokumentasi kertas dan hasil audit & kelibatan konsultan.
5. Corporate Legal
a)
Mengurusi urusan rups dan
perubahan anggaran.
b)
Mereview usulan pembuatan/perubahan
sop.
c)
Mengawal ketentuan dan
peraturan baru.
6. Operation.
a)
Mengawasi kegiatan operasi
b)
Mengawasi keberadaan serta
kondisi mesin dan peralatan.
c)
Membuat produk yang dipesan.
d) Membuat keputusan harian sehubung dengan kegiatan di Alfamart
7. Marketing
a)
Bertanggung jawab terhadap
bagian pemasaran.
b)
Bertanggung jawab terhadap
peroleh hasil penjual dan pengguna dan promosi.
c)
Sebagai kordinator manajer
produk dan manger penjualan.
d) Membuat laporan pemasaran kepada direksi.
8. Merchandising
a)
Memajang/mendisplay dan
menata produk .
b)
Menjaga kebersihan produk
dan pajangan.
c)
Menjalankan semua program
promosi perusahaan.
d) Menjalankan tugas kunjungan sesuai dan rencana kerja.
9. Property Development
a) Mengkordinasikan kegiatan
pengendalian property dan lingkungan diwilayah usaha perusahaan dan
lingkunganya.
b)
Meyelenggarakan pengelolahan
data dan peyimpanan dokumen asli property.
c)
Meyiapkan laporan kegiatan
divisi secara benar dan tepat waktu.
10. IT
a)
Bertanggung jawab memelihara
sistem jaringan.
b)
Mengoptimalisasi perangkat
it atau server yang ada di alfamart
11. Finance.
a) Membuat ,memeriksa dan
mengarsip faktur,nota supplier,laporan AP/AR untuk memastikan status utang
piutang.
b) Membuat ,mencetak tagihan
dan surat tagihan untuk memastikan tagihan terkirim kepada pellanggan dengan
benar dan tepat waktu.
c) Menerima memeriksa tagihan
dr vendor dan membuat rekapanya untuk memastikan pembayaran terkirim tepat
waktu.
12. Human Capital
a)
Memperbaiki dan
memperhatikan mutu karyawan.
b)
Meyediakan tenaga yang ahli
dan sesuai dengan bidangnya masing-masing.
13. Coporate Development
a)
Bertugas merencanakan
,merancang dan meyajikan presentasi yang menarik dan proposal untuk pendekatan
bisnis baru.
b)
Memberikan bantuan
monitoring kepada penjabat fundraising perusahaan.
14. Franchise
a) Meyediakan tempat usaha dan
modal sejumlah tertentu bergantung pada sejumlah tertentu bergantung pada jenis
waralaba yang akan dibeli.
b)
Menjaga image produk
waralaba.
15. Corporate Akhir.
a)
Bertanggung jawab untuk
semua komunikasi internal dan eksternal.
b)
Mengurus hal-hal seperti
bulletin karyawan, laporan bisnis tahun siaran pers.
G. Produk Dan Jasa
1. Produk
Eksentasi perkembangan alfamart di dukung oleh merchandising dalam
menangani pemilihan, pengadaan dan pengembangan barang serta bekerja sama lebih
dari 500 mitra pemasok, strategi penetapan harga yang tepat serta pengelolaan
pemajang produk dan alfamart mengelolah 3000 produk terdiri food, non food, dan
fresh food.
2. Jasa
Sistem tehnologi mutakir, alfamart berupaya beragam produk dan
jasa inovatif serta perkembangan gaya hidup untuk memastikan kemudahan,
keyamanan, kepraktisan, konsumen dalam hemat bbm dalam berbelanja. Pengembangan
lebih dari 100 produk label harga yang memberikan harga ekonomis dengan adanya
agenda berbelanja dalam satu minggu di alfa dan kualitas prima memberikan nilai
tambahan bagi konsumen alfamart. Member
Alfamart Adalah sebutan untuk para pelanggan setia Alfamart. Para member
Alfamart akan mendapatkan berbagai macam keuntungan dan kejutan special dari
Alfamart seperti: HematKu, Kalender Belanja, Specialku dan Hadiahku, serta
program ekslusif lainnya. Member Alfamart adalah pelanggan yang memiliki dan
bergabung dalam keanggotaan Kartu Aku, A Card Flazz atau Kartu Aku BNI.
1. Kartu Aku
Adalah kartu member yang pertama kali diluncurkan Alfamart pada
tahun 2005. Dengan Kartu Aku, Member akan dapat memperoleh manfaat dan berbagai
macam keuntungan serta promo-promo menarik yang tidak dapat diikuti oleh
pelanggan lain yang bukan merupakan member Kartu Aku. Kartu Aku berlaku
Nasional di Alfamart seluruh Indonesia. Kartu aku memberikan kelebihan
–kelebihan berbelanja beserta diskon –diskon menarik dengan menu kalender
alfamart, setiap minggu dengan tanggal-tanggal yang disediakan.dalam brosur
promosi yang dibagikan pada meja kasir saat pembayaran pembelajaan.
2. Kartu Aku BNI
Merupakan salah satu Kartu Member Alfamart yang di luncurkan pada
1 Januari 2010, merupakan kerjasama antara Alfamart dengan Bank BNI. Kartu Aku
BNI merupakan kartu multifungsional, yang selain berfungsi sebagai kartu
member, juga berfungsi sebagai alat pembayaran. Pengguna Kartu Aku BNI juga
akan mendapatkan berbagai keuntungan dan kejutan spesial dari Alfamart
serta tentunya dapat mengikuti program-program eksklusif khusus
member di Alfamart. Untuk saat ini, Kartu AKU BNI berlaku di Alfamart
Jabodetabek.
3. A Card Flazz
Adalah Kartu Member Alfamart yang di luncurkan pada 15 Mei 2010
bekerja sama dengan Flazz BCA, yang selain berfungsi sebagai kartu member juga
dapat digunakan sebagai alat pembayaran/transaksi karena A Card Flazz merupakan
Kartu Prepaid (kartu non rekening yang dapat menyimpan uang untuk keperluan
berbagai transaksi). A Card Flazz dapat digunakan sebagai alat pembayaran tidak
hanya diseluruh outlet Alfamart, Alfamidi ataupun Alfaexpress tetapi
juga diseluruh merchant Flazz antara lain restoran, salon, toko buku, parkir,
bioskop dan masih banyak lagi. Untuk sementara ini, A Card Flazz berlaku di
Jabodetabek, Surabaya dan Bandung. Benefit
Of “Member Alfamart”
1. HematKu dan Kalender Belanja
Program ini adalah program khusus Member Alfamart, dimana member
akan mendapatkan potongan harga khusus member untuk produk-produk tertentu
sesuai dengan periode promosi. Dengan menunjukkan Kartu Member di kasir saat
melakukan pembayaran, maka otomatis Member akan mendapatkan potongan harga untuk
produk-produk tersebut. Untuk info produk HematKu dan Kalender Belanja terdapat
di leaflet Alfamart yang terbit setiap dua minggu sekali atau poster yang ada
di Alfamart terdekat.
2. SpesialKu dan HadiahKu
Sesuai dengan namanya, Specialku merupakan produk-produk special
yang di hadirkan hanya untuk Member Alfamart. Produk-produk SpesialKu ini,
hanya dapat di beli oleh Member Alfamart dengan menunjukkan Kartu Member pada
saat melakukan pembayaran di kasir. Sedangkan HadiahKu adalah program hadiah langsung
atau undian yang hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart. Member akan
mendapatkan token yang akan di undi untuk mendapatkan hadiah tertentu atau
Member akan mendapatkan hadiah langsung sesuai dengan program atau promo yang
sedang berlangsung. Member dapat mengetahui jumlah token melalui SMS ke nomor
0817-111-234 dengan mengetik : TOKEN (spasi) Nomor Kartu atau dengan
menghubungi Customer Care Alfamart di 0-800-1-234-234.
3. Special Big Program For “Member
Alfamart”
Program ini
adalah program promo khusus member dengan periode yang relatif lebih panjang,
minimal 1 bulan,program ini khusus untuk member, mekanisme program bisa berupa
Fair (misalnya P&G fair, Kalbe Nutritional fair, dll) ataupun Program
tahunan khusus member yang tentunya sudah sangat dikenal “Bukti Kasih Untuk
Anda” yang dikenal dengan BKUA
4. Redemption For “Member Alfamart”
Program ini
merupakan program tahunan untuk Member Alfamart. Dimana Member akan mendapatkan
poin setiap berbelanja min. Rp. 50.000 pada periode yang sedang berlangsung.
Member dapat menukarkan poin-poin tersebut dengan hadiah ekslusif dan menarik
pada periode yang telah ditentukan. Member dapat mengetahui jumlah poin melalui
SMS ke nomor 0817-111-234 dengan mengetik : POIN (spasi) Nomor Kartu atau
dengan menghubungi Customer Care Alfamart di 0-800-1-234-234.
5. Member Alfamart “Thematic Promo “
Promo ini
adalah kejutan khusus untuk memperingati hari-hari tertentu (misalnya: Hari
Valentine, Hari Pelanggan Nasional, Hari Batik Nasional, dll). Promo ini hanya dapat
diikuti oleh Member Alfamart dengan menunjukkan Kartu Member (Kartu Aku, A Card
atau Kartu Aku BNI).
6. Special Treatment for “Member Alfamart” Birthday
Program ini
khusus untuk Member Alfamart yang berulang tahun. Member terpilih akan
mendapatkan kejutan dari Alfamart di hari ulang tahunnya, dengan harapan
program ini menjadi best moment yang tidak terlupakan untuk Member Alfamart.
7. Special Event/Activities For “Member Alfamart”
Beauty
Class, Arisan Gratis, Cooking Class, Buka Puasa Bersama, Factory Visit adalah
beberapa event khusus yang hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart. Para
Member diberi kesempatan untuk mengikuti berbagai macam kegiatan menarik di
setiap event tersebut yang tentunya akan menjadi pengalaman berharga bagi
Member Alfamart. Selain event-event tersebut, akan terdapat lebih banyak lagi
event menarik yang hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart.
8. Merchant For “Member Alfamart”
Member Alfamart akan mendapatkan potongan harga, penawaran dan
promo menarik di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Kartu Member
Alfamart di Indonesia. Selain itu, dengan A Card FLazz, Member juga dapat
menikmati berbagai macam penawaran dan promo menarik di merchant-merchant Flazz
BCA di seluruh Indonesia. Listrik dan
tagihan motor fif dan finance Sytem tehnologi informasi pada computer
alfa telah meyediakan pembayaran listrik secara online begitu juga dengan
pembayaran motor yang datangnya jatuh tempo.tentu saja sangat mempermudah dan
mempercepat pembayaran bagi konsumen yang tidak ingin membayar tagihan secara
jauh–jauh dari lingkunganya. 14
Voucher game online Bagi yang suka game online ini merupakan surat kabar yang
mengembirakan bahwa kini alfamart telah meyediakan voucher game online yang
dapat dimainkan oleh para pesuka game online, banyak ya game-game yang
disediakan oleh alfamart ini diantaranya adalah :
ü Gokong
ü Fifa online 2011
ü Car balap
ü Match move games
ü Dll.
Target pemasaran alfamart adalah semua kalangan masyarakat di
Indonesia yang ingin memberikan kemudahan kepada konsumen dengan ada di dekat
lingkunya.strategi pemasarannya diintegritasinya dengan kegiatan promosi yang
dijalankan secara berkala dengan berbagai metode sesuai dengan jenis produk dan
fokus target pasarnya. Kalender belanja
“promosi yang diadakan 2minggu sekali memberikan harga mudah dan hemat. Keuntungan kartu aku “memberikan
potongan harga dan hadiah khusus yang berpengaruh pada produk tersebut. Belanja puas,harga pas ”memberikan
kemudahan berbelanja pada konsumen dengan harga pas dan menarik tentunnya”.
Untuk strategi jangka panjang berbagai program yang berkaitan dengan loyalitas
konsumen serta pembentukan komunitas. Dalam meningkatkan brand image berhasil
dalam meraih penghargaan dengan piala dunia 2009 yang meyisihkan
partikal-partikal besar di Indonesia. Dengan memperoleh penghargaan brand dan
menjadikan gerai alfamart yang tersmi menjual produk-produk yang terpilih,
sehingga terpilihnya alfamart berkaitan erat dengan pengalaman menjadikan yang
terbaik dalam bidang usahanya.
H. Pusat
Distribusi
Sistem distribusi dilakukkan penerapan dengan tehnologi siap antar
ke gerai-gerai alfamart dengan menggunakan digital picking sistem yang
memungkinkan alfamart menjalankan distribusi yang handal, canggih, dan efisien.
Dengan adanya dukungan sumber daya manusia yang ahli dibidang distribusinya
keseluruh gerai yang tersebar di Indonesia.dapat terlayani dengan baik sehingga
pusat distribusi alfamart menjadi salah satu terbaik di Indonesia. Pada saat
ini alfamart mempunyai 16 pusat distribusi yang merupakan pengadaan produk
untuk lebih dari 4000 gerai alafamart.
I. Analisa
Perancangan Program
Analisa
program adalah suatu proses untuk menentukkan tindakan masa depanyang tepat
melalui urutan pemilihan dengan perhitungan sumber daya yang tersedia.
a. Kendala
perusahan serta sistemnya.
Keterlambatan
karyawan tidak tepat waktu datang ke gerai toko alfamart. Sistem bon belanja
jarang diberikan karena ketelatan memberikannya.
b. Sistem
informasi perusahaaan.
Lajunya pertumbuhan gerai toko alfamart yang cepat dengan
transaksi lebih dari 40 transaksi struk perbulan, dapat terlaksana karena
didukung oleh sistem teritegrasi pada setiap poin of sales (POS) kasir disemua
gerai yang mencakup sistem penjualan,persediaan,dan penerimaan barang.
Tehnologi di pos kasir dirancang sudah memenuhi kebutuhan perkembangan dan
transaksi di masa depan. Untuk mempercepat pelayanan dan keyamanan belanja
dikasir, alfamart menggunakan pemandaian scanner barcode, pembayaran pun kini
memberikan kemudahan bagi konsumen dengan menggunakan BCA debit, Mandiri debit
dan berbagai macam bank yang tercantum. Dalam diadakan distribusi barang
,alfamart menerapkan digital packing sistem dan tail gate sistem pada pusat
distribusinya.kedua sistem dan tail gate sistem pada setiap distribusinya.
keduan sistem ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan
barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengirim maupun
barang di gerai alfamart. Pengendalian operasi toko Persediaan operasi toko
adalah salah satu sistem yang sudah ditetapkan perusahaan agar kegiatan di toko
berjalan dengan lancar atau sempurna. Adapun pengendalian toko tersebut adalah :
ü Pengendalian persediaan
ü Pengendalian penjualan
ü Pengendalian biaya
ü Pengendalian administrasi
ü Pendapat lain-lain
ü Pengendalian lingkungan
Menrut Sofian Mohamad Hatta (1993) persediaan dapat didefinisikan
sebagai berikut: Persediaan adalah suatu aktiva lancar yang meliputi
barang-barang milik perusaahan maksud untuk dijual dalam suatu periode usaha
yang sangat normal. Setiap perusahaan, perusahan perdagangan ataupun
perusahaan pabrik serta perusahan jasa selalu mengadakan persediaan. Tanpa
adanya persediaan ,para perusahan akan dihadapikan pada resiko bahwa
perusahaanya pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan pelanggan meminta
barang /jasa.persediaan diadakan keuntungan yang diharapkan tersebut lebih
besar dari pada yang ditimbulkannya.
c. Silkus permintaan barang
ü Barang yang sudah terjual selama satu hari.
ü Toko mengirim data penjualan.
ü Barang dipajangnya setelah menjadi stock dikeluarkan. Cek kembali
menjadi stcok dan sebagian di pajang di etalase toko alfamart.
ü Gudang mengirim data barang yang akan dikirim ke toko
ü Toko menerima data yang dikirim ke gudang dan memperosesnya
menjadi stock.
ü Toko mengecek pengiriman barang yang barang yang datang dan
memajangnya.
ü Konsumen mengambil barang yang dipajang lalu membayar dikasir.
d. Tool blok perusahaan
Tool blok perusahaan yang ditetapkan adalah:
ü Blok input: alat untuk menerima data.
Contohnya: keyboard, mouse, scanner digital, scanner tembak dll.
ü Blok output: alat yang menghasilkan keluaran.
Contoh: printer.
ü Blok model :menyangkut materi pemograman,aplikasi sains yang
digunakan pemograman yang menggunakan rumus matematika yang sulit aplikasi
bisnis untuk mengelolah data.
Contohnya: excel, pemograman visual basic 6.0 dan alfa pos.
ü Blok tehnologi: tingkat tehnologi yang diperlukan sistem informasi
termaksud pengguna internet.
Contohnya: penerimaan dan pengiriman data melalui FTP toko.
ü Blok database: database yang disusun sangat dipengaruhi oleh
kompleksitas.
ü Blok control: aspek pengamanan sistem informasi.
ü Pengamatan fisik menyangkut pengamatan terhadap kebakaran, gempa
bumi.
Contohnya: pemadam kebakaran, alarem toko, kamera CCTV, mati
listrik dll.
ü Pengamatan non fisik menyangkut pengamanan terhadap serangan virus
pada software dan server.
Contohnya: sistem pertahanan computer dilindungi dengan serangan
virus dan paswoord pada setiap sistemnya.
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dari kelompok kami kami simpulkan bahwa
sistem informasi manajemen dapat diketahui dan wajib diketahui walaupun sedikit
demi sedikit. Seluruh mahasiswa/I agar tidak salah jika ingin mengambil suatu
keputusan baik untuk kepentingan pribadi maupun Kelompok.
B. Saran-Saran
Dalam pembuatan makalah ini kami meyadari masih banyak kekurangan
disina sini oleh sebab itu mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulis, dan
apabila ada yang kurang atau salah dalam pembuatan makalah ini anda dapat
memberikan masukan kepada kami.
DAFTAR PUSTAKA
http://andriebalckmamba.blogspot.com
Perpustakaan
AMIK BSI Pontianak.
Antonius
Andri DKK.
halo saya anya bennett, seorang penulis keuangan. saya menulis di beberapa topik terkait keuangan seperti utang, pinjaman, asuransi, investasi dan sebagainya. saya menemukan blog Anda saat berselancar di internet untuk menemukan blog yang cocok untuk menulis artikel. itu sangat banyak akal dengan konten yang kaya dan bagus dan memiliki presentasi yang jelas. saya harus menghargai kerja keras Anda dan berharap Anda beruntung. saya bertanya-tanya apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan keuangan Anda? saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi mr pedro jerome (pedroloanss@gmail.com) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk bantuan keuangan jadi saya sangat yakin bahwa mr pedro dapat membantu di tingkat 2. layanan pinjaman kepada siapa pun di sini mencari pinjaman. terima kasih sekali lagi telah mengizinkan saya untuk menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberikan Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca Anda. jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat menyesalinya sebelumnya. salam hormat saya, anya bennett.
BalasHapus