NO
|
ISTILAH
|
ARTINYA
|
1.
|
Angel Investor
|
Pengertian Angel Investor adalah individu
atau kelompok yang memiliki kekuatan finansial (kaya raya) yang memberikan
bantuan modal untuk bisnis startup atau perusahaan-perusahaan yang tengah mengembangkan
bisnisnya.
|
2.
|
Agile
|
Digunakan
untuk metodologi
manajemen proyek.
Bekerja
dalam dunia digital memerlukan keterampilan dan kerjasama tim yang sangat
erat.
Contoh.
Jika salah satu anggota tim melakukan cuti, maka semua anggota lainnya duduk
dan bekerja bersama-sama.Bahkan keputusan yang akan diambil harus dengan
persetujuan semua anggota.
Jika
hal ini tidak terjadi, bisa berdampak buruk.
Misalnya,
seorang desainer yang membuat desain praktis tanpa arahan. Atau developer
yang mungkin membangun sistem manajemen konten, yang tidak dimengerti oleh
pembuat konten.
Di
sinilah agile sangat berguna sebagai pendekatan manajemen proyek. Yaitu
memaksa tim untuk
bekerja
secara cekatan dan kolaboratif.
|
3.
|
Affiliate marketing
|
Affiliate marketing adalah kegiatan
mempromosikan atau memasarkan produk orang lain dimana kita harus mengikuti
program afiliasi terlebih dahulu. Nantinya setelah mendaftar di salah satu
program afiliasi dan mempromosikan link afiliasi, ada seorang yang membeli
produk melalui link yang anda sebarkan, maka anda akan mendapatkan komisi.
|
4.
|
Brand
|
Brand atau Merk adalah segala sesuatu yang
berhudungan dengan bisnis atau perusahaan, baik itu nama, tanda, istilah, simbol,
desain, kata atau kombinasi dari hal-hal tersebut yang ditujukan untuk
mengidentifikasi dan membedakan antara bisnis satu dengan bisnis yang lain.
|
5.
|
Benchmarking
|
Diartikan
sebagai perbandingan
atau tolak ukur sebuah perusahaan. Hal ini dapat dilakukan
melalui kemampuan audit, penilaian keterampilan atau review
strategi.
|
6.
|
Branding
|
Branding adalah kegiatan membuat nama (merk)
atau simbol yang menjadi identitas untuk membedakan produk/jasa satu dengan
produk/jasa yang lainnya. Bramding juga berfungsi untuk memperkuat atau
menanamkan merk produk dibenak dan hati masyarakat.
|
7.
|
Brand Awareness
|
Merupakan kemampuan pembeli (konsumen) atau
calon pembeli dalam mengingat dan mengenali suatu merk atau produk. Daya
ingat pembeli muncul dari gambar, logo, kemasan, atau slogan yang digunakan
pelaku pasar dalam memasarkan produk tersebut.
|
8.
|
Bootstrap
|
Bootstrap merupakan usaha menggalang dana
tanpa bantuan pihak luar (investor), yang artinya dana berasal dari kantong
sendiri, keluarga, atau rekan bisnis. Sederhananya bootstrap adalah pendanaan
sendiri. Kegiatan bootstrap disebut bootstrapping. Bootstrapping sangat cocok
dilakukan bagi perusahaan yang memiliki modal cukup.
|
9.
|
Booked
|
Booked istilah yang sering digunakan bila
barang/produk telah dipesan lebh dulu oleh orang lain, yang artinya anda
sudah tidak bisa membelinya.
|
10.
|
Broadcast
|
Dalam bisnis online, broadcast adalah
kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan mengirimkan pesan secara massal
melalui aplikasi messenger seperti Whatsapp, Line, BBM, dll.
|
11.
|
Buyer
|
Buyer merupakan istilah yang digunakan untuk
menyebut pembeli atau konsumen.
|
12.
|
Bargaining
|
Bargaining atau tawar-menawar adalah
negosiasi yang dilakukan antara penjual dan pembeli dalam menentukan harga.
Bargaining juga sering diartikan perjanjian mengenai pertukaran barang dan
jasa antara dua pihak atau lebih.
|
13.
|
B2B
|
B2B (Business to Business) adalah transaksi
yang dilakukan secara elektronik maupun fisik dan terjadi antara entitas
bisnis satu ke bisnis lainnya. Contohnya anda memiliki perusahaan kuliner
yang bergerak di bidang katering. Karena bisnis katering anda sudah cukup
besar, anda memiliki target perusahaan yang memiliki banyak karyawan. Dengan
kata lain B2B juga bisa diartikan bisnis untuk perusahaan, bukan untuk
sekelompok grup atau perorangan.
|
14.
|
B2C
|
B2C (Business to Costumer) merupakan bisnis
yang melakukan penjualan atau pelayanan kepada konsumen perorangan atau grup
secara langsung. Artinya bisnis dilakukan langsung kepada konsumen bukan
kepada perusahaan atau bisnis lainnya.
|
15.
|
B2E
|
B2E (Business to Employee) adalah perusahaan
yang menggunakan e-commerce untuk mempromosikan produk/jasanya kepada
karyawan-karyawan perusahaan yang biasaya menggunakan diskon.
|
16.
|
Call to Action (CTA)
|
Pengertian call to action adalah kata-kata
ddi dalam iklan yang bertujuan untuk mendorong pembaca agar mengambil
"action". Yang dimaksud action adalah langsung membeli produk atau
jasa yang ditawarkan.
|
17.
|
Cash Payment
|
Pengertian cash payment adalah pembayaran
secara tunai yang dilakukan setelah melihat dan menerima barang yang dibeli.
|
18.
|
C2B
|
C2B (Costumer to Business) adalah kegiatan
jual beli dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual sedangkan
perusahaan bertindak sebagai pembeli, kegiatan ini dilakukan secara online.
Dengan kata lain, C2B adalah kebalikan dari B2C.
|
19.
|
C2C
|
C2C (Costumer to Costumer) merupakan jenis
bisnis dimana pelaku bisnis menyediakan platform untuk menghubungkan konsumen
dengan penjual. Contohnya website e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak,
dan Lamido.
|
20.
|
Cash Flow
|
Sering juga disebut dengan aliran kas atau
arus kas, merupakan pergerakan mengenai jumlah uang yang masuk (cash in flow)
dan jumlah uang yang keluar (cash out flow) dalam sebuah bisnis ataupun
perusahaan. Cash flow juga bisa diartikan sebagai laporan keuangan.
|
21.
|
COD (Cash On Delivery)
|
COD atau Cash on Delivery merupakan transaksi
jual beli yang dilakukan secara langsung antara penjual dan pembeli. Dimana
pembeli bersedia membayar bila barangnya sudah sampai ke alamat pembeli.
Artinya pembayaran dilakukan secara bertatap muka antara penjual (orang yang
mengirim) dengan pembeli.
|
22.
|
Customer Focus
|
Didorong
dari kebutuhan customer.
Sebagian
besar melalui fokus pada konsisten, pribadi dan menyenangkan pengalaman
customer.
|
23.
|
Distributor
|
Distributor merupakan seseorang/perusahaan
yang membeli barang/produk dari produsen atau pabrikan, yang kemudian dijual
kembali untuk pengecer atau ke toko retail.
|
24.
|
Digital Marketing
|
Digital marketing atau disebut pemasaran
digital adalah kegiatan mempromosikan sebuah merek, brand, atapun produk
dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara luas,
tepat waktu, pribadi dan relevan.
|
25.
|
Dropship
|
Pengertian dropship adalah kegiatan menjual
barang/produk secara online, dimana si penjual tidak memiliki stok
barang/produk sama sekali. Dropship sering disebut sebagai bisnis tanpa
modal.
|
26.
|
Down Payment (DP)
|
Uang muka atau dikenal dengan down payment
(DP) adalah pembayaran awal yang bertujuan sebagai tanda jadi atas transaksi
jual beli yang biasanya dilakukan para barang yang dijual secara kredit. Pada
umumnya sisa uang yang harus dibayarkan biasanya dilakukan secara dicicil
atau diangsur.
|
27.
|
Education
|
Adalah
memahami
produk digital Anda sendiri, teori di balik strategi akuisisi
customer Anda, atau praktik
pelayanan customer.
|
28.
|
Entrepreneur
|
Entrepreneur disebut juga wirausahawan,
adalah seseorang yang selalu membawa perubahan, inovasi, ide-ide, dan aturan
baru dalam bisnis yang dijalankan. Entrepreneur juga diartikan seseorang yang
berpikir kreatif serta berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam
berbagai kesempatan
|
29.
|
E-Book
|
Pengertian E-book atau buku elektronik adalah
informasi digital yang hampir sama seperti buku pada umumnya, dalam artian
berisikan teks dan gambar. Namun bedanya bentuknya bukan berupa lembaran
kertas melainkan file buku yang hanya dapat dibaca menggunakan gadget,
seperti handphone, tablet, laptop, dll.
|
30.
|
Email Marketing
|
Email Marketing adalah pemasaran yang
dilakukan para pebisnis online dengan menggunakan surat elektronik atau
email. Hal ini bertujuan agar para promosi bisa langsung diterima oleh setiap
konsumen.
|
31.
|
E-commerce
|
Secara umum e-commerce diartikan sebagai
transaksi jual beli secara elektronik melalui melalui media internet.
Sederhananya e-commerce adalah jual beli online. Untuk sistem pembayaran,
e-commerce menggunakan layanan transfer antar bank atau e-payment lainnya
seperti paypal, doku, dan lainnya.
|
32.
|
Expense (Beban)
|
Istilah dalam dunia bisnis yang satu ini juga
kadang banyak yang kurang paham dari arti yang sebenarnya. Beban atau expense
adalah suatu penurunan nilai ekonomi, yang merupakan kas keluar atau aktiva
yang berkurang. Beban juga biasanya dianggap sebagai kewajiban. Maksudnya
sesuatu yang sudah diberikan dengan memiliki tujuan untuk mendapatkan
pendapatan. Contoh, akun yang dapat di dalam laporan laba seperti beban sewa,
gaji karyawan, dan lainnya.
|
33.
|
Franchise (Waralaba)
|
Adalah bentuk kerja sama dalam sistem
distribusi barang dan jasa antara pemilik waralaba dengan suatu mitra
(penerima waralaba). Nantinya keuntungan akan dibagi sesuai dengan
kesepakatan antara kedua belah pihak.
|
34.
|
Full Payment
|
Full Payment merupakan istilah yang artinya
pembayaran penuh atau LUNAS.
|
35.
|
Franchisor (Pemberi Waralaba)
|
Franchisor atau pemberi waralaba merupakan
badan usaha atau perorangan yang meminjamkan atau memberikan hak kepada mitra
atau pihak lain (penerima waralaba), untuk menggunakan dan/atau memanfaatkan
hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas usaha yang
dimilikinya.
|
36.
|
Franchisee (Penerima Waralaba)
|
Adalah badan usaha atau perorangan yang
diberikan hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan
intelektual atau penemuan, atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba,
dengan syarat si penerima waralaba harus membayar royalti ke franchisor
sesuai dengan kesepakatan.
|
37.
|
Franchise Fee
|
Adalah besar biaya yang dibayarkan oleh
penerima waralaba (franchisee) kepada pemberi waralaba (franchisor) untuk
dapat memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau
penemuan, atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.
|
38.
|
Failing-Fast
|
Kelengkapan
dari sebuah sistem atau modul yang berhubungan dengan respon terhadap kegagalan.
Sebuah
sistem failing-fast dirancang untuk segera melaporkan kegagalan atau kondisi
yang mungkin menyebabkan kegagalan. Biasanya istilah ini digunakan pada
perusahaan IT.
|
39.
|
Gross
Profit
|
Gross Profit adalah pendapatan yang dikurangi oleh cost
of goods sold (COGS) atau Harga Pokok Penjualan (HPP). Harga
Pokok Penjualan ini terdiri dari biaya-biaya yang terkait langsung dengan
produksi barang.
Contoh Harga Pokok Penjualan yaitu biaya pembelian bahan baku
dan biaya upah karyawan.
|
40.
|
Government
Digital Service
|
Adalah
unit Kantor Kabinet Pemerintah Inggris yang bertugas mengubah penyediaan
layanan digital pemerintah. Bentuk perpindahan dari penerbitan untuk model
transaksional.
Government
digital service memiliki pengalaman yang dibentuk oleh prinsip-prinsip
digital dan desain, dan didukung oleh strategi digital yang jelas.
|
41.
|
Hit and Run
|
Hit and run merupakan istilah yang digunakan
terhadap konsumen yang ingin pesan ini dan itu, janji ingin membayar tanggal
sekian tetapi tidak ditepati. Sederhananya hit and run adalah konsumen yang
rajin bertanya-tanya detail produk namun tidak pernah membeli.
|
42.
|
Hurdles
|
Hambatan
umum untuk digital experience yang lebih baik. Termasuk regulasi (dalam
industri seperti Jasa Keuangan), teknologi warisan (yang membutuhkan waktu,
uang dan keahlian).
Hambatan
ini hanya dapat dihilangkan dengan investasi dan perubahan budaya, dua faktor
besar dalam setiap inisiatif transformasi digital.
|
43.
|
Income (Penghasilan)
|
Income adalah jumlah uang yang didapat melalui
hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu dengan pengurangan dari harga
pokok penjualan (HPP), beban dan biaya lainnya. Sebagian orang menganggap
bahwa income memiliki persamaan dengan revenue, padahal keduanya ini berbeda.
Income hampir selalu mengacu pada laba bersih.
|
44.
|
Investasi
|
Investasi adalah penanaman uang atau modal
oleh pengusaha di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh
keuntungan. Pengertian luasnya investasi adalah melakukan sesuatu (dalam
konteks seluas-luasnya) di saat ini, untuk memperoleh keuntungan di saat yang
akan datang.
|
45.
|
Innovation Labs
|
Tujuannya
adalah untuk melahirkan keunggulan baru, memberikan ruang perusahaan untuk
berdamai dengan pergeseran budaya, dan laboratorium kebebasan untuk membuat
percobaan. Pemisahan ini memungkinkan laboratorium untuk menargetkan lokasi
yang diinginkan dan menciptakan lingkungan kerja yang cenderung untuk menarik
talent.
Laboratorium
biasanya diatur dengan pengembangan produk sebagai tujuan utama.
|
46.
|
Investor
|
Investor (disebut juga pemodal) adalah
perorangan atau lembaga baik domestik atau non domestik yang melakukan atau
menanamkan investasi baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Istilah
"investor" terkadang juga digunakan untuk menyebutkan seseorang
yang melakukan pembelian properti, mata uang, komoditi, derivatif, saham
perusahaan, ataupun aset lainnya dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.
|
47.
|
Job Descriptions
|
Deskripsi
pekerjaan dalam digital sudah berubah.
Peran
baru yang muncul, seperti Head of IT.
Diversifikasi
keterampilan mengambil alih, berarti spesialis harus memiliki keterampilan
fungsional utama dan bekerja dengan tim lain.
|
48.
|
KUR
|
Kredit Usaha Rakyat atau disingkat KUR,
merupakan skema pembiayaan modal kerja atau investasi yang diperuntukan bagi
Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK). UMKMK yang berhak mendapat
KUR harus jenis usaha yang produktif dan layak (feasible), tetapi tidak mampu
dalam memenuhi persyaratan yang ditetapkan perbankan (belum bankable).
|
49.
|
KPIs
|
Kepanjangan
dari Key Performance Indicator.
Merupakan
jenis
pengukuran kinerja. KPI menilai keberhasilan suatu organisasi
atau kegiatan tertentu.
|
50.
|
Komoditas
|
Komoditas sesuatu benda nyata yang relatif
mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk
suatu jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya
dengan jenis yang sama, yang biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor
melalui bursa berjangka. Secara lebih umum, komoditas adalah suatu produk
yang diperdagangkan, termasuk valuta asing, instrumen keuangan dan
indeks.
|
51.
|
Kewirausahaan
|
Kewirausahaan adalah kemampuan seorang
wirausaha atau entrepreneur untuk dapat mengoptimalkan segala sumber daya
yang ada, baik itu materil, intelektual, waktu, dan kemampuan kretivitasnya
untuk menghasilkan suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya dan bagi
orang lain.
|
52.
|
L-commerce
|
L-commerce atau L-dagang adalah sistem
perdagangan elektronik (e-commerce) yang menekankan pada pencarian informasi
yang dihasilkan oleh peralatan GPS dan satelit
|
53.
|
Long-term Value
|
Atau
dalam bahasa Indonesia nilai jangka panjang. Bisa diartikan sebagai bentuk
kegiatan investasi pada sebuah produk.
Memprioritaskan
nilai jangka panjang pada produk atau ciptaan pendapatan jangka pendek sulit
bagi banyak perusahaan fokus pada target akhir bulan.
Namun,
usaha berinvestasi di produk atau layanan pengembangan telah menunjukkan
bagaimana arus pendapatan baru dapat diciptakan atau keunggulan kompetitif
dicapai.
|
54.
|
M-commerce
|
M-commerce atau Mobile-commerce adalah sistem
perdagangan elektronik (e-commerce) dengan menggunakan peralatan
portable/mobile seperti telepon, handphone, notebook, dll.
|
55.
|
TF
|
TF merupakan istilah atau singkatan dari
transfer, terkadang disebut TT.
|
56.
|
Modal Ventura
|
Modal Ventura adalah suatu investasi dalam
bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta
sebagai pasangan usaha (investee company) untuk
jangka waktu tertentu. Pada umumnya investasi ini dilakukan dalam bentuk
penyerahan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada
perusahaan pasangan usaha.
|
57.
|
Management
|
Adalah
fungsi yang
mengkoordinasikan upaya orang untuk mencapai tujuan dan sasaran
dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara efisien dan efektif. Dalam
perubahan budaya, ada hal dalam manajemen yang memerlukan keputusan matang
dan kadang sulit. Seperti memberhentikan karyawan, karena sama pentingnya
dengan merekrut karyawan.
|
58.
|
No Afgan
|
Istilah No Afgan memiliki arti
"sadis", yang maksudnya "boleh menawar namun jangan
sadis-sadis".
|
59.
|
Net
Profit
|
Net Profit adalah nilai Gross Profit yang dikurangi oleh
biaya yang tidak langsung berhubungan dengan proses produksi, namun biaya
harus dikeluarkan agar barang atau jasa yang dijual sampai kepada pembeli.
Contohnya seperti pajak, biaya promosi dan keperluan lainnya.
|
60.
|
Norms
|
Norma-norma
yang ditetapkan oleh budaya organisasi dan sebaliknya. Mengubah norma dapat
memiliki dampak. Misalnya, Mac bukan PC, pakaian kasual bukannya pakaian
bisnis, dan kantor terbuka.
Hal-hal
ini mungkin tampak tidak penting tetapi dapat membantu mengubah budaya
perusahaan dan menimbulkan transformasi
|
61.
|
Organisasi Nirlaba
|
Organisasi nirbala
atau disebut "organisasi non-profit" adalah organisasi yang tujuan
utamanya adalah untuk menghasilkan manfaat bagi masyarakat, bukan untuk
tujuan komersil. Seperti contohnya sekolah negeri, klinik publik, gereja,
dsb.
|
62.
|
Online Presence
|
Pengertian online presence adalah berbagai
macam cara yang dilakukan untuk mempresentasikan bisnis online kita. Tujuan
utama dari online presence ini adalah untuk meningkatkan traffic website
jualan kita.
|
63.
|
Online Advetising
|
Pengertian online advertising adalah kegiatan
promosi atau pemasaran dengan cara beriklan melalui internet dengan tujuan
agar produk bisa diketahui oleh konsumen.
|
64.
|
Outsourcing
|
Merupakan sistem kontrak dan kerjasama dalam proses bisnis. Dilingkupi
perjanjian tertentu.
Ada
tren yang jelas untuk jenis fungsi outsourcing oleh perusahaan (misalnya
desain web) dan mereka dilakukan di rumah (data dan analisis, email, produksi
konten).
Berencana
untuk melakukan outsourcing fungsi atau membawanya di dalam rumah tergantung
pada keterampilan hadir dalam bisnis.
|
65.
|
Rekber
|
Rekber atau singkatan dari "Rekening
Bersama" merupakan salah satu jasa pihak ketiga yang nantinya menjadi
mediator antara penjual dan pembeli.
|
66.
|
Saham
|
Pengertian saham adalah satuan nilai atau
pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian
kepemilikan sebuah perusahaan. Mudahnya saham adalah surat berharga yang
menunjukan kepemilikan atas suatu perusahaan. Apabila seseorang membeli saham
di suatu perusahaan, maka ia telah memiliki hak kepemilikan atas perusahaan
tersebut. Saham ini juga sering disebut dengan "share".
|
67.
|
Omset
|
Omset (sering disebut "pendapatan
kotor") adalah jumlah seluruh uang yang didapat dari hasil penjualan
dalam jangka waktu tertentu, namun belum dikurangi dengan HPP (Harga Pokok
Produksi) dan Expense (gaji, tagihan listrik, biaya pasang iklan, dll).
|
68.
|
Profit (Laba/Keuntungan)
|
Profit merupakan jumlah seluruh uang yang
didapat dari hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu dan sudah dikurangi
biaya HPP dan Expense. Namun profit ini masih berupa "laporan"
diatas kertas saja, dan masih harus diubah lagi. Artinya belum merupakan
"pendapatan bersih".
|
69.
|
Personality
|
Kepribadian
berhubungan dengan perbedaan individu, dalam pola perilaku, kognisi, emosi.
Jarang
tipe kepribadian masuk dalam roadmap transformasi digital , tetapi
peran pemimpin transformasi tentu merupakan keseimbangan yang baik.
Sangat penting bagi tim produk baru dan spesialis digital untuk tetap
mearasa ‘lapar’ tapi rendah hati dan tidak berjalan seolah-olah masa depan
perusahaan tergantung pada mereka.
|
70.
|
Paid To Click (PTC)
|
pengertian paid to click adalah sebuah
program dimana anda akan dibayar bila oleh website penyedia layanag PTC jika
mengklik iklan yang mereka hadirkan.
|
71.
|
Pay Per Click (PPC)
|
Pay per click merupakan istilah yang sering
digunakan dalam periklanan. Dimana pemilik website yang memiliki iklan di
webistenya akan dibayar bila ada pembaca yang mengklik iklannya baik secara
sengaja maupun tidak sengaja. Dengan ketentuan si pemilik website tidak boleh
mengklik iklannya sendiri.
|
72.
|
Pay Per Impression (PPI)
|
Pay per impression atau PPI (kadang disingkat
PPM) adalah metode pembayaran iklan online dimana jumlah iklan yang
dibayarkan akan dihitung menurut seberapa sering unit iklan ditayangkan.
Biasanya harga yang ditetapkan per seribu kali penayangan.
|
73.
|
Cash dan Free Cash
|
Profit kemudian diubah menjadi cash. Cash
merupakan "uang nyata" yang diterima atau masuk ke rekening bisnis
kita yang dihasilkan dari hasil penjualan yang sudah dikurangi oleh seluruh
biaya pengeluaran (HPP dan Expense). Cash ini dibagi dua, yaitu cash untuk
diputar lagi menjadi bisnis (artinya digunakan lagi untuk modal bisnis), dan
free cash. Free Cash disebut juga Income atau "pendapatan bersih",
yang artinya keuntungan yang bisa dinikmati untuk kepentingan pribadi.
|
74.
|
Retail
|
Retail atau ritel, sering disebut juga
"eceran", adalah salah satu cara pemasaran produk meliputi semua
aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir
untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. Sederhananya retail adalah
pedagang yang menjual barang dalam skala kecil langsung kepada konsumen untuk
pengguna akhir dari produk. Misalnya anda berperan sebagai reseller dan
menjual barang dari supplier langsung ke pembeli. Maka kegiatan tersebut
disebut dengan eceran dan anda disebut sebagai pengecer (pelaku eceran).
|
75.
|
Referral
|
Pengertian referral adalah sistem dimana anda
akan membawa (refer) pengunjung/pembeli ke situs tertentu. Jika pengunjung
berminat menjadi anggita, biasanya anda akan dijanjikan komisi dari situs
tersebut. Referral sering juga disebut sebagai makelar, dalam arti pihak yang
menawarkan sesuatu, milik pihak lain melalui ikatan bisnis.
|
76.
|
Reseller
|
Pengertian reseller adalah orang yang menjual
kembali barang/produk milik pihak lain (supplier), dimana orang yang menjadi
reseller harus membeli produk yang ingin dijual terlebih dahulu sebagai
stock.
|
77.
|
Refund
|
Refund merupakan istilah yang digunakan bila
transaksi dibatalkan, yang nantinya barang dikembalikan kepada penjual dan
uang dikembalikan kepada pembeli.
|
78.
|
Revenue (Pendapatan)
|
Jumlah pendapatan atau uang yang diterima
oleh perusahaan dari hasil penjualan produk barang atau jasa dari pelanggan
dan tidak berasal dari penanaman modal sebelumnya.
|
79.
|
Supplier
|
Pengertian supplier adalah
seseorang/perusahaan yang secara terus menerus (kontinu) menjual barang
kepada kita. Biasanya barang tersebut bukanlah untuk dijual lagi, tapi lebih
kepada pendukung kegiatan usaha. Seperti misalnya supplier kertas memasok
kertas ke berbagai kantor atau supplier besi memasok ke pabrik pengolahan
besi.
|
80.
|
SEO (Search Engine Optimization)
|
SEO atau singkatan dari search engine
optimization merupakan teknik optimasi yang dilakukan pemilik website agar
websitenya bisa muncul di urutan pertama hasil pencarian sesuai dengan kata
kunci yang dimasukan.
|
81.
|
Structures
|
Teori
struktur organisasi adalah cara yang baik untuk menilai kematangan
bisnis digital.
Sebuah
transformasi bisnis cenderung dari departemen digital yang terisolasi.
Melalui para ahli digital di setiap tim dan pengetahuan digital sebagai salah
satu aspek dari skillset generalis itu.
|
82.
|
Testimoni
|
Testimoni merupakan istilah yang digunakan
untuk menjelaskan pesan dan kesan dari pelanggannya. Testimoni biasanya dijadikan
bukti untuk meyakinkan pembeli lainnya berdasarkan pengakuan pembeli
sebelumnya.
|
83.
|
Tracking Resi
|
Tracking resi
merupakan kode unik yang diberikan oleh perusahaan jasa pengantaran kepada
pengguna jasa untuk mengecek status pengiriman barang yang bisa dilihat
langsung di situs perusahaan jasa pengantaran tersebut.
|
84.
|
Talent
|
Tidak
ada keraguan bahwa merekrut talent terbaik adalah hal yang penting untuk
inovasi.
Merekrut
talent telah menyebabkan pergeseran yang signifikan dalam pola Human
Resource. Rekrutmen sekarang lebih menekankan budaya dan kepribadian
sebelum spesifik keterampilan.
|
85.
|
User
Testing
|
Adalah
bagian matang dari desain layanan digital, tetapi lebih penting bagi
perusahaan yang melakukan user-centric transformasi digital.
Meskipun
riset pasar tidak bisa selalu memberitahu Anda apa yang diinginkan pelanggan,
user testing dapat dengan cepat mengenalkan produk baru.
|
86.
|
Payment Gateway
|
Adalah suatu sistem pembayaran yang biasanya
digunakan untuk transaksi secara online tanpa harus membuat rekening. Payment
Gateway ini biasanya dilakukan dalam dunia ecommerce oleh toko online
terpercaya.
|
87.
|
Prospek
|
Pengertian prospek adalah hal-hal yang
mungkin terjadi dalam suatu hal sehingga berpotensi menimbulkan dampak
tertentu. Prospek bisnis adalah hal-hal yang berpotensi memberikan keuntungan
yang besar sehingga bisnis dapat tetap berjalan.
|
88.
|
Point of Sales (POS)
|
Dalam dunia bisnis, Point of Sales (POS)
diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash
register). Sesuai dengan namanya, point of sales merupakan titik penjualan
(check-out) dimana transaksi dapat dikatakan selesai, atau dimana pembeli
melakukan pembayaran atas barang/jasa yang sudah diterima. Pada POS penjual
akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan data
berupa "struk" pembelian kepada konsumen.
|
89.
|
Stakeholder
|
Stakeholder (pemangku kepentingan) adalah
suatu masyarakat, kelompok, komunitas ataupun individu manusia yang memiliki
hubungan dan kepentingan, baik dalam hal finansial ataupun kepentingan
lainnya terhadap suatu organisasi atau perusahaan. Contoh dari stakeholder
adalah pegawai/karyawan, pelanggan, staff, dan supplier. Sedangkan contoh
stakeholder yang tak memiliki shareholder (saham) adalah Universitas,
misalnya mahasiswa, dosen, satpam, staff, dsb.
|
90.
|
Startup
|
Startup merupakan istilah yang digunakan
untuk menyebutkan bisnis yang baru dirintis. Startup juga bisa diartikan
sebagai perusahaan baru yang belum lama beroperasi.
|
91.
|
Wholesaler
|
Pengertian wholesaler adalah perantara yang
membeli dari produsen (dalam jumlah besar) untuk kemudian dijual kembali
kepada pengecer atau pembeli.
|
92.
|
Wiraswasta
|
Wiraswasta adalah orang yang memiliki
kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya
yang diperlukan untuk mengambil keuntungan darinya serta mengambil tindakan
yang tepat, guna memastikan kesuksesan
|
93.
|
Workspace
Design
|
Ternyata
desain untuk tempat kerja dapat mempengaruhi kinerja orang dalam bekerja.
Menurut
agencyland, meja sepak bola akan membuat semua orang lebih inovatif.
Pada
kenyataannya, ada ilmu untuk open-plan kantor, dari Harvard Business
Review (dan Marissa Mayer) yang menyebutkan bahwa interaksi acak dengan
rekan-rekan menguntungkan.
|
94.
|
Quotes
|
Sebuah quotes dikutip dari kalimat tertentu yang sangat menginspirasi
orang lain.
Walaupun
demikian, quotes adalah hal yang sulit untuk didefinisikan (dan karena
berubah, yang sering diperlukan untuk mengubah bisnis). Bentuknya bisa apa
saja, dari meniru pendiri bisnis, untuk mengemban layanan pelanggan, untuk
mengangkat mentalitas ‘fail-fast’.
|
95.
|
Vocabulary
|
Bahasa
adalah hal penting bagi perubahan budaya. Sean Cornwell dari Travelex
berkata, Anda harus ‘berbicara tentang kecepatan, tangkas, kegagalan,
capabiltiies baru, cara kerja dan kolaborasi seperti itu akan keluar dari
mode’.
|
96.
|
Xerox
|
Transformasi
digital memiliki istilah sendiri yang bisa menyesatkan. Tidak ada template
yang bisa disalin. Tidak ada proses dapat disalin persis (xeroxed) antara
organisasi.
|
97.
|
Yardsticks
|
Merupakan
istilah untuk melakukan perbandingan transformasi digital Anda dengan
perusahaan lain.
|
98.
|
Zany Job Titles
|
Dalam
sebuah perusahaan ada Kepala Kantor Digital , Kepala Transformasi Digital,
Kepala Kantor Karyawan.
Masing-masing
jabatan tersebut penyebab perdebatan tetapi masing-masing menunjukkan
transformasi digital pada berbagai tahap. Peran ini terbagi ke dalam dua jenis, pemberi kabar dan transformator.
Seseorang mulai pekerjaan mengubah budaya dengan memperjuangkan digital, yang
lain adalah berniat mengubah orang, proses dan teknologi.
|
Kamis, 18 Juni 2020
DAFTAR ISTILAH BISNIS DAN TRANSFORMASI DIGITAL
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pastikan komentar anda adalah berupa pertanyaan, koreksi, atau hal serupa lainnya yang bermanfaat bagi anda atau pengguna lainnya dikemudian hari, komentar yang bersifat basa-basi sepert, thanks, semoga bermanfaat, atau hal serupa lainnya akan dihapus.