Breaking

Kamis, 18 Juni 2020

DAFTAR ISTILAH BISNIS DAN TRANSFORMASI DIGITAL

NO
ISTILAH
ARTINYA
1.       
Angel Investor
Pengertian Angel Investor adalah individu atau kelompok yang memiliki kekuatan finansial (kaya raya) yang memberikan bantuan modal untuk bisnis startup atau perusahaan-perusahaan yang tengah mengembangkan bisnisnya.
2.       
Agile

Digunakan untuk metodologi manajemen proyek.
Bekerja dalam dunia digital memerlukan keterampilan dan kerjasama tim yang sangat erat.
Contoh. Jika salah satu anggota tim melakukan cuti, maka semua anggota lainnya duduk dan bekerja bersama-sama.Bahkan keputusan yang akan diambil harus dengan persetujuan semua anggota.
Jika hal ini tidak terjadi, bisa berdampak buruk.
Misalnya, seorang desainer yang membuat desain praktis tanpa arahan. Atau developer yang mungkin membangun sistem manajemen konten, yang tidak dimengerti oleh pembuat konten.
Di sinilah agile sangat berguna sebagai pendekatan manajemen proyek. Yaitu memaksa tim untuk
bekerja secara cekatan dan kolaboratif.
3.       
Affiliate marketing
Affiliate marketing adalah kegiatan mempromosikan atau memasarkan produk orang lain dimana kita harus mengikuti program afiliasi terlebih dahulu. Nantinya setelah mendaftar di salah satu program afiliasi dan mempromosikan link afiliasi, ada seorang yang membeli produk melalui link yang anda sebarkan, maka anda akan mendapatkan komisi.
4.       
Brand 
Brand atau Merk adalah segala sesuatu yang berhudungan dengan bisnis atau perusahaan, baik itu nama, tanda, istilah, simbol, desain, kata atau kombinasi dari hal-hal tersebut yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan membedakan antara bisnis satu dengan bisnis yang lain.
5.       
Benchmarking

Diartikan sebagai perbandingan atau tolak ukur sebuah perusahaan. Hal ini dapat dilakukan melalui kemampuan audit, penilaian keterampilan atau review strategi.
6.       
Branding
Branding adalah kegiatan membuat nama (merk) atau simbol yang menjadi identitas untuk membedakan produk/jasa satu dengan produk/jasa yang lainnya. Bramding juga berfungsi untuk memperkuat atau menanamkan merk produk dibenak dan hati masyarakat.
7.       
Brand Awareness
Merupakan kemampuan pembeli (konsumen) atau calon pembeli dalam mengingat dan mengenali suatu merk atau produk. Daya ingat pembeli muncul dari gambar, logo, kemasan, atau slogan yang digunakan pelaku pasar dalam memasarkan produk tersebut.
8.       
Bootstrap
Bootstrap merupakan usaha menggalang dana tanpa bantuan pihak luar (investor), yang artinya dana berasal dari kantong sendiri, keluarga, atau rekan bisnis. Sederhananya bootstrap adalah pendanaan sendiri. Kegiatan bootstrap disebut bootstrapping. Bootstrapping sangat cocok dilakukan bagi perusahaan yang memiliki modal cukup.
9.       
Booked
Booked istilah yang sering digunakan bila barang/produk telah dipesan lebh dulu oleh orang lain, yang artinya anda sudah tidak bisa membelinya.
10.   
Broadcast
Dalam bisnis online, broadcast adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan mengirimkan pesan secara massal melalui aplikasi messenger seperti Whatsapp, Line, BBM, dll.
11.   
Buyer
Buyer merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut pembeli atau konsumen.
12.   
Bargaining
Bargaining atau tawar-menawar adalah negosiasi yang dilakukan antara penjual dan pembeli dalam menentukan harga. Bargaining juga sering diartikan perjanjian mengenai pertukaran barang dan jasa antara dua pihak atau lebih.
13.   
B2B 
B2B (Business to Business) adalah transaksi yang dilakukan secara elektronik maupun fisik dan terjadi antara entitas bisnis satu ke bisnis lainnya. Contohnya anda memiliki perusahaan kuliner yang bergerak di bidang katering. Karena bisnis katering anda sudah cukup besar, anda memiliki target perusahaan yang memiliki banyak karyawan. Dengan kata lain B2B juga bisa diartikan bisnis untuk perusahaan, bukan untuk sekelompok grup atau perorangan.
14.   
B2C
B2C (Business to Costumer) merupakan bisnis yang melakukan penjualan atau pelayanan kepada konsumen perorangan atau grup secara langsung. Artinya bisnis dilakukan langsung kepada konsumen bukan kepada perusahaan atau bisnis lainnya.
15.   
B2E
B2E (Business to Employee) adalah perusahaan yang menggunakan e-commerce untuk mempromosikan produk/jasanya kepada karyawan-karyawan perusahaan yang biasaya menggunakan diskon.
16.   
Call to Action (CTA)
Pengertian call to action adalah kata-kata ddi dalam iklan yang bertujuan untuk mendorong pembaca agar mengambil "action". Yang dimaksud action adalah langsung membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
17.   
Cash Payment
Pengertian cash payment adalah pembayaran secara tunai yang dilakukan setelah melihat dan menerima barang yang dibeli.
18.   
C2B
C2B (Costumer to Business) adalah kegiatan jual beli dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli, kegiatan ini dilakukan secara online. Dengan kata lain, C2B adalah kebalikan dari B2C.
19.   
C2C
C2C (Costumer to Costumer) merupakan jenis bisnis dimana pelaku bisnis menyediakan platform untuk menghubungkan konsumen dengan penjual. Contohnya website e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lamido. 
20.   
Cash Flow
Sering juga disebut dengan aliran kas atau arus kas, merupakan pergerakan mengenai jumlah uang yang masuk (cash in flow) dan jumlah uang yang keluar (cash out flow) dalam sebuah bisnis ataupun perusahaan. Cash flow juga bisa diartikan sebagai laporan keuangan.
21.   
COD (Cash On Delivery)
COD atau Cash on Delivery merupakan transaksi jual beli yang dilakukan secara langsung antara penjual dan pembeli. Dimana pembeli bersedia membayar bila barangnya sudah sampai ke alamat pembeli. Artinya pembayaran dilakukan secara bertatap muka antara penjual (orang yang mengirim) dengan pembeli.
22.   
Customer Focus

Didorong dari kebutuhan customer.
Sebagian besar melalui fokus pada konsisten, pribadi dan menyenangkan pengalaman customer.
23.   
Distributor
Distributor merupakan seseorang/perusahaan yang membeli barang/produk dari produsen atau pabrikan, yang kemudian dijual kembali untuk pengecer atau ke toko retail.
24.   
Digital Marketing
Digital marketing atau disebut pemasaran digital adalah kegiatan mempromosikan sebuah merek, brand, atapun produk dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara luas, tepat waktu, pribadi dan relevan.
25.   
Dropship
Pengertian dropship adalah kegiatan menjual barang/produk secara online, dimana si penjual tidak memiliki stok barang/produk sama sekali. Dropship sering disebut sebagai bisnis tanpa modal.
26.   
Down Payment (DP)
Uang muka atau dikenal dengan down payment (DP) adalah pembayaran awal yang bertujuan sebagai tanda jadi atas transaksi jual beli yang biasanya dilakukan para barang yang dijual secara kredit. Pada umumnya sisa uang yang harus dibayarkan biasanya dilakukan secara dicicil atau diangsur.
27.   
Education

Adalah memahami produk digital Anda sendiri, teori di balik strategi akuisisi customer Anda, atau praktik pelayanan customer.
28.   
Entrepreneur
Entrepreneur disebut juga wirausahawan, adalah seseorang yang selalu membawa perubahan, inovasi, ide-ide, dan aturan baru dalam bisnis yang dijalankan. Entrepreneur juga diartikan seseorang yang berpikir kreatif serta berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan
29.   
E-Book
Pengertian E-book atau buku elektronik adalah informasi digital yang hampir sama seperti buku pada umumnya, dalam artian berisikan teks dan gambar. Namun bedanya bentuknya bukan berupa lembaran kertas melainkan file buku yang hanya dapat dibaca menggunakan gadget, seperti handphone, tablet, laptop, dll.
30.   
Email Marketing
Email Marketing adalah pemasaran yang dilakukan para pebisnis online dengan menggunakan surat elektronik atau email. Hal ini bertujuan agar para promosi bisa langsung diterima oleh setiap konsumen.
31.   
E-commerce
Secara umum e-commerce diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik melalui melalui media internet. Sederhananya e-commerce adalah jual beli online. Untuk sistem pembayaran, e-commerce menggunakan layanan transfer antar bank atau e-payment lainnya seperti paypal, doku, dan lainnya.
32.   
Expense (Beban)

Istilah dalam dunia bisnis yang satu ini juga kadang banyak yang kurang paham dari arti yang sebenarnya. Beban atau expense adalah suatu penurunan nilai ekonomi, yang merupakan kas keluar atau aktiva yang berkurang. Beban juga biasanya dianggap sebagai kewajiban. Maksudnya sesuatu yang sudah diberikan dengan memiliki tujuan untuk mendapatkan pendapatan. Contoh, akun yang dapat di dalam laporan laba seperti beban sewa, gaji karyawan, dan lainnya. 
33.   
Franchise (Waralaba)
Adalah bentuk kerja sama dalam sistem distribusi barang dan jasa antara pemilik waralaba dengan suatu mitra (penerima waralaba). Nantinya keuntungan akan dibagi sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.
34.   
Full Payment
Full Payment merupakan istilah yang artinya pembayaran penuh atau LUNAS.
35.   
Franchisor (Pemberi Waralaba)
Franchisor atau pemberi waralaba merupakan badan usaha atau perorangan yang meminjamkan atau memberikan hak kepada mitra atau pihak lain (penerima waralaba), untuk menggunakan dan/atau memanfaatkan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
36.   
Franchisee (Penerima Waralaba)
Adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba, dengan syarat si penerima waralaba harus membayar royalti ke franchisor sesuai dengan kesepakatan.
37.   
Franchise Fee
Adalah besar biaya yang dibayarkan oleh penerima waralaba (franchisee) kepada pemberi waralaba (franchisor) untuk dapat memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.
38.   
Failing-Fast

Kelengkapan dari sebuah sistem atau modul yang berhubungan dengan respon terhadap kegagalan.
Sebuah sistem failing-fast dirancang untuk segera melaporkan kegagalan atau kondisi yang mungkin menyebabkan kegagalan. Biasanya istilah ini digunakan pada perusahaan IT.
39.   
Gross Profit

Gross Profit adalah pendapatan yang dikurangi oleh cost of goods sold (COGS) atau Harga Pokok Penjualan (HPP). Harga Pokok Penjualan ini terdiri dari biaya-biaya yang terkait langsung dengan produksi barang.
Contoh Harga Pokok Penjualan yaitu biaya pembelian bahan baku dan biaya upah karyawan.
40.   
Government Digital Service

Adalah unit Kantor Kabinet Pemerintah Inggris yang bertugas mengubah penyediaan layanan digital pemerintah. Bentuk perpindahan dari penerbitan untuk model transaksional.
Government digital service memiliki pengalaman yang dibentuk oleh prinsip-prinsip digital dan desain, dan didukung oleh strategi digital yang jelas.
41.   
Hit and Run
Hit and run merupakan istilah yang digunakan terhadap konsumen yang ingin pesan ini dan itu, janji ingin membayar tanggal sekian tetapi tidak ditepati. Sederhananya hit and run adalah konsumen yang rajin bertanya-tanya detail produk namun tidak pernah membeli.
42.   
Hurdles

Hambatan umum untuk digital experience yang lebih baik. Termasuk regulasi (dalam industri seperti Jasa Keuangan), teknologi warisan (yang membutuhkan waktu, uang dan keahlian).
Hambatan ini hanya dapat dihilangkan dengan investasi dan perubahan budaya, dua faktor besar dalam setiap inisiatif transformasi digital.
43.   
Income (Penghasilan)

Income adalah jumlah uang yang didapat melalui hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu dengan pengurangan dari harga pokok penjualan (HPP), beban dan biaya lainnya. Sebagian orang menganggap bahwa income memiliki persamaan dengan revenue, padahal keduanya ini berbeda. Income hampir selalu mengacu pada laba bersih. 
44.   
Investasi
Investasi adalah penanaman uang atau modal oleh pengusaha di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Pengertian luasnya investasi adalah melakukan sesuatu (dalam konteks seluas-luasnya) di saat ini, untuk memperoleh keuntungan di saat yang akan datang.
45.   
Innovation Labs

Tujuannya adalah untuk melahirkan keunggulan baru, memberikan ruang perusahaan untuk berdamai dengan pergeseran budaya, dan laboratorium kebebasan untuk membuat percobaan. Pemisahan ini memungkinkan laboratorium untuk menargetkan lokasi yang diinginkan dan menciptakan lingkungan kerja yang cenderung untuk menarik talent.
Laboratorium biasanya diatur dengan pengembangan produk sebagai tujuan utama.
46.   
Investor
Investor (disebut juga pemodal) adalah perorangan atau lembaga baik domestik atau non domestik yang melakukan atau menanamkan investasi baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Istilah "investor" terkadang juga digunakan untuk menyebutkan seseorang yang melakukan pembelian properti, mata uang, komoditi, derivatif, saham perusahaan, ataupun aset lainnya dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.
47.   
Job Descriptions

Deskripsi pekerjaan dalam digital sudah berubah.
Peran baru yang muncul, seperti Head of IT.
Diversifikasi keterampilan mengambil alih, berarti spesialis harus memiliki keterampilan fungsional utama dan bekerja dengan tim lain.
48.   
KUR
Kredit Usaha Rakyat atau disingkat KUR, merupakan skema pembiayaan modal kerja atau investasi yang diperuntukan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK). UMKMK yang berhak mendapat KUR harus jenis usaha yang produktif dan layak (feasible), tetapi tidak mampu dalam memenuhi persyaratan yang ditetapkan perbankan (belum bankable).
49.   
KPIs

Kepanjangan dari Key Performance Indicator.
Merupakan jenis pengukuran kinerja. KPI menilai keberhasilan suatu organisasi atau kegiatan tertentu.
50.   
Komoditas
Komoditas sesuatu benda nyata yang relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk suatu jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama, yang biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka. Secara lebih umum, komoditas adalah suatu produk yang diperdagangkan, termasuk valuta asing, instrumen keuangan dan indeks. 
51.   
Kewirausahaan
Kewirausahaan adalah kemampuan seorang wirausaha atau entrepreneur untuk dapat mengoptimalkan segala sumber daya yang ada, baik itu materil, intelektual, waktu, dan kemampuan kretivitasnya untuk menghasilkan suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya dan bagi orang lain.
52.   
L-commerce
L-commerce atau L-dagang adalah sistem perdagangan elektronik (e-commerce) yang menekankan pada pencarian informasi yang dihasilkan oleh peralatan GPS dan satelit
53.   
Long-term Value

Atau dalam bahasa Indonesia nilai jangka panjang. Bisa diartikan sebagai bentuk kegiatan investasi pada sebuah produk.
Memprioritaskan nilai jangka panjang pada produk atau ciptaan pendapatan jangka pendek sulit bagi banyak perusahaan fokus pada target akhir bulan.
Namun, usaha berinvestasi di produk atau layanan pengembangan telah menunjukkan bagaimana arus pendapatan baru dapat diciptakan atau keunggulan kompetitif dicapai.
54.   
M-commerce
M-commerce atau Mobile-commerce adalah sistem perdagangan elektronik (e-commerce) dengan menggunakan peralatan portable/mobile seperti telepon, handphone, notebook, dll.
55.   
TF
TF merupakan istilah atau singkatan dari transfer, terkadang disebut TT.
56.   
Modal Ventura
Modal Ventura adalah suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu. Pada umumnya investasi ini dilakukan dalam bentuk penyerahan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha.
57.   
Management

Adalah fungsi yang mengkoordinasikan upaya orang untuk mencapai tujuan dan sasaran dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara efisien dan efektif. Dalam perubahan budaya, ada hal dalam manajemen yang memerlukan keputusan matang dan kadang sulit. Seperti memberhentikan karyawan, karena sama pentingnya dengan merekrut karyawan.
58.   
No Afgan
Istilah No Afgan memiliki arti "sadis", yang maksudnya "boleh menawar namun jangan sadis-sadis".
59.   
Net Profit

Net Profit adalah nilai Gross Profit yang dikurangi oleh biaya yang tidak langsung berhubungan dengan proses produksi, namun biaya harus dikeluarkan agar barang atau jasa yang dijual sampai kepada pembeli.
Contohnya seperti pajak, biaya promosi dan keperluan lainnya.
60.   
Norms

Norma-norma yang ditetapkan oleh budaya organisasi dan sebaliknya. Mengubah norma dapat memiliki dampak. Misalnya, Mac bukan PC, pakaian kasual bukannya pakaian bisnis, dan kantor terbuka.
Hal-hal ini mungkin tampak tidak penting tetapi dapat membantu mengubah budaya perusahaan dan menimbulkan transformasi
61.   
Organisasi Nirlaba
Organisasi nirbala atau disebut "organisasi non-profit" adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan manfaat bagi masyarakat, bukan untuk tujuan komersil. Seperti contohnya sekolah negeri, klinik publik, gereja, dsb.

62.   
Online Presence
Pengertian online presence adalah berbagai macam cara yang dilakukan untuk mempresentasikan bisnis online kita. Tujuan utama dari online presence ini adalah untuk meningkatkan traffic website jualan kita.
63.   
Online Advetising
Pengertian online advertising adalah kegiatan promosi atau pemasaran dengan cara beriklan melalui internet dengan tujuan agar produk bisa diketahui oleh konsumen.
64.   
Outsourcing 

Merupakan sistem kontrak dan kerjasama dalam proses bisnis. Dilingkupi perjanjian tertentu.
Ada tren yang jelas untuk jenis fungsi outsourcing oleh perusahaan (misalnya desain web) dan mereka dilakukan di rumah (data dan analisis, email, produksi konten).
Berencana untuk melakukan outsourcing fungsi atau membawanya di dalam rumah tergantung pada keterampilan hadir dalam bisnis.
65.   
Rekber
Rekber atau singkatan dari "Rekening Bersama" merupakan salah satu jasa pihak ketiga yang nantinya menjadi mediator antara penjual dan pembeli.
66.   
Saham
Pengertian saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Mudahnya saham adalah surat berharga yang menunjukan kepemilikan atas suatu perusahaan. Apabila seseorang membeli saham di suatu perusahaan, maka ia telah memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. Saham ini juga sering disebut dengan "share".
67.   
Omset
Omset (sering disebut "pendapatan kotor") adalah jumlah seluruh uang yang didapat dari hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu, namun belum dikurangi dengan HPP (Harga Pokok Produksi) dan Expense (gaji, tagihan listrik, biaya pasang iklan, dll).
68.   
Profit (Laba/Keuntungan)
Profit merupakan jumlah seluruh uang yang didapat dari hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu dan sudah dikurangi biaya HPP dan Expense. Namun profit ini masih berupa "laporan" diatas kertas saja, dan masih harus diubah lagi. Artinya belum merupakan "pendapatan bersih".
69.   
Personality

Kepribadian berhubungan dengan perbedaan individu, dalam pola perilaku, kognisi, emosi.
Jarang tipe kepribadian masuk dalam roadmap transformasi digital , tetapi peran pemimpin transformasi tentu merupakan keseimbangan yang baik.
Sangat penting bagi tim produk baru dan spesialis digital untuk tetap mearasa ‘lapar’ tapi rendah hati dan tidak berjalan seolah-olah masa depan perusahaan tergantung pada mereka.
70.   
Paid To Click (PTC)
pengertian paid to click adalah sebuah program dimana anda akan dibayar bila oleh website penyedia layanag PTC jika mengklik iklan yang mereka hadirkan.
71.   
Pay Per Click (PPC)
Pay per click merupakan istilah yang sering digunakan dalam periklanan. Dimana pemilik website yang memiliki iklan di webistenya akan dibayar bila ada pembaca yang mengklik iklannya baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Dengan ketentuan si pemilik website tidak boleh mengklik iklannya sendiri.
72.   
Pay Per Impression (PPI)
Pay per impression atau PPI (kadang disingkat PPM) adalah metode pembayaran iklan online dimana jumlah iklan yang dibayarkan akan dihitung menurut seberapa sering unit iklan ditayangkan. Biasanya harga yang ditetapkan per seribu kali penayangan.
73.   
Cash dan Free Cash
Profit kemudian diubah menjadi cash. Cash merupakan "uang nyata" yang diterima atau masuk ke rekening bisnis kita yang dihasilkan dari hasil penjualan yang sudah dikurangi oleh seluruh biaya pengeluaran (HPP dan Expense). Cash ini dibagi dua, yaitu cash untuk diputar lagi menjadi bisnis (artinya digunakan lagi untuk modal bisnis), dan free cash. Free Cash disebut juga Income atau "pendapatan bersih", yang artinya keuntungan yang bisa dinikmati untuk kepentingan pribadi. 
74.   
Retail
Retail atau ritel, sering disebut juga "eceran", adalah salah satu cara pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. Sederhananya retail adalah pedagang yang menjual barang dalam skala kecil langsung kepada konsumen untuk pengguna akhir dari produk. Misalnya anda berperan sebagai reseller dan menjual barang dari supplier langsung ke pembeli. Maka kegiatan tersebut disebut dengan eceran dan anda disebut sebagai pengecer (pelaku eceran).
75.   
Referral
Pengertian referral adalah sistem dimana anda akan membawa (refer) pengunjung/pembeli ke situs tertentu. Jika pengunjung berminat menjadi anggita, biasanya anda akan dijanjikan komisi dari situs tersebut. Referral sering juga disebut sebagai makelar, dalam arti pihak yang menawarkan sesuatu, milik pihak lain melalui ikatan bisnis.
76.   
Reseller
Pengertian reseller adalah orang yang menjual kembali barang/produk milik pihak lain (supplier), dimana orang yang menjadi reseller harus membeli produk yang ingin dijual terlebih dahulu sebagai stock.
77.   
Refund
Refund merupakan istilah yang digunakan bila transaksi dibatalkan, yang nantinya barang dikembalikan kepada penjual dan uang dikembalikan kepada pembeli.
78.   
Revenue (Pendapatan)

Jumlah pendapatan atau uang yang diterima oleh perusahaan dari hasil penjualan produk barang atau jasa dari pelanggan dan tidak berasal dari penanaman modal sebelumnya.
79.   
Supplier
Pengertian supplier adalah seseorang/perusahaan yang secara terus menerus (kontinu) menjual barang kepada kita. Biasanya barang tersebut bukanlah untuk dijual lagi, tapi lebih kepada pendukung kegiatan usaha. Seperti misalnya supplier kertas memasok kertas ke berbagai kantor atau supplier besi memasok ke pabrik pengolahan besi.
80.   
SEO (Search Engine Optimization)
SEO atau singkatan dari search engine optimization merupakan teknik optimasi yang dilakukan pemilik website agar websitenya bisa muncul di urutan pertama hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang dimasukan.
81.   
Structures

Teori struktur organisasi adalah cara yang baik untuk menilai kematangan bisnis digital.
Sebuah transformasi bisnis cenderung dari departemen digital yang terisolasi. Melalui para ahli digital di setiap tim dan pengetahuan digital sebagai salah satu aspek dari skillset generalis itu.
82.   
Testimoni
Testimoni merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan pesan dan kesan dari pelanggannya. Testimoni biasanya dijadikan bukti untuk meyakinkan pembeli lainnya berdasarkan pengakuan pembeli sebelumnya.
83.   
Tracking Resi
Tracking resi merupakan kode unik yang diberikan oleh perusahaan jasa pengantaran kepada pengguna jasa untuk mengecek status pengiriman barang yang bisa dilihat langsung di situs perusahaan jasa pengantaran tersebut.
84.   
Talent

Tidak ada keraguan bahwa merekrut talent terbaik adalah hal yang penting untuk inovasi.
Merekrut talent telah menyebabkan pergeseran yang signifikan dalam pola Human Resource. Rekrutmen sekarang lebih menekankan budaya dan kepribadian sebelum spesifik keterampilan.
85.   
User Testing

Adalah bagian matang dari desain layanan digital, tetapi lebih penting bagi perusahaan yang melakukan user-centric transformasi digital.
Meskipun riset pasar tidak bisa selalu memberitahu Anda apa yang diinginkan pelanggan, user testing dapat dengan cepat mengenalkan produk baru.
86.   
Payment Gateway
Adalah suatu sistem pembayaran yang biasanya digunakan untuk transaksi secara online tanpa harus membuat rekening. Payment Gateway ini biasanya dilakukan dalam dunia ecommerce oleh toko online terpercaya.
87.   
Prospek
Pengertian prospek adalah hal-hal yang mungkin terjadi dalam suatu hal sehingga berpotensi menimbulkan dampak tertentu. Prospek bisnis adalah hal-hal yang berpotensi memberikan keuntungan yang besar sehingga bisnis dapat tetap berjalan. 
88.   
Point of Sales (POS)
Dalam dunia bisnis, Point of Sales (POS) diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Sesuai dengan namanya, point of sales merupakan titik penjualan (check-out) dimana transaksi dapat dikatakan selesai, atau dimana pembeli melakukan pembayaran atas barang/jasa yang sudah diterima. Pada POS penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan data berupa "struk" pembelian kepada konsumen.
89.   
Stakeholder
Stakeholder (pemangku kepentingan) adalah suatu masyarakat, kelompok, komunitas ataupun individu manusia yang memiliki hubungan dan kepentingan, baik dalam hal finansial ataupun kepentingan lainnya terhadap suatu organisasi atau perusahaan. Contoh dari stakeholder adalah pegawai/karyawan, pelanggan, staff, dan supplier. Sedangkan contoh stakeholder yang tak memiliki shareholder (saham) adalah Universitas, misalnya mahasiswa, dosen, satpam, staff, dsb.
90.   
Startup
Startup merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan bisnis yang baru dirintis. Startup juga bisa diartikan sebagai perusahaan baru yang belum lama beroperasi.
91.   
Wholesaler
Pengertian wholesaler adalah perantara yang membeli dari produsen (dalam jumlah besar) untuk kemudian dijual kembali kepada pengecer atau pembeli.
92.   
Wiraswasta
Wiraswasta adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang diperlukan untuk mengambil keuntungan darinya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan
93.   
Workspace Design

Ternyata desain untuk tempat kerja dapat mempengaruhi kinerja orang dalam bekerja.
Menurut agencyland, meja sepak bola akan membuat semua orang lebih inovatif.
Pada kenyataannya, ada ilmu untuk open-plan kantor, dari Harvard Business Review (dan Marissa Mayer) yang menyebutkan bahwa interaksi acak dengan rekan-rekan menguntungkan.
94.   
Quotes

Sebuah quotes dikutip dari kalimat tertentu yang sangat menginspirasi orang lain.
Walaupun demikian, quotes adalah hal yang sulit untuk didefinisikan (dan karena berubah, yang sering diperlukan untuk mengubah bisnis). Bentuknya bisa apa saja, dari meniru pendiri bisnis, untuk mengemban layanan pelanggan, untuk mengangkat mentalitas ‘fail-fast’.
95.   
Vocabulary

Bahasa adalah hal penting bagi perubahan budaya. Sean Cornwell dari Travelex berkata, Anda harus ‘berbicara tentang kecepatan, tangkas, kegagalan, capabiltiies baru, cara kerja dan kolaborasi seperti itu akan keluar dari mode’.
96.   
Xerox

Transformasi digital memiliki istilah sendiri yang bisa menyesatkan. Tidak ada template yang bisa disalin. Tidak ada proses dapat disalin persis (xeroxed) antara organisasi.
97.   
Yardsticks

Merupakan istilah untuk melakukan perbandingan transformasi digital Anda dengan perusahaan lain.
98.   
Zany Job Titles

Dalam sebuah perusahaan ada Kepala Kantor Digital , Kepala Transformasi Digital, Kepala Kantor Karyawan.
Masing-masing jabatan tersebut penyebab perdebatan tetapi masing-masing menunjukkan transformasi digital pada berbagai tahap. Peran ini terbagi ke dalam dua jenis, pemberi kabar dan transformator. Seseorang mulai pekerjaan mengubah budaya dengan memperjuangkan digital, yang lain adalah berniat mengubah orang, proses dan teknologi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pastikan komentar anda adalah berupa pertanyaan, koreksi, atau hal serupa lainnya yang bermanfaat bagi anda atau pengguna lainnya dikemudian hari, komentar yang bersifat basa-basi sepert, thanks, semoga bermanfaat, atau hal serupa lainnya akan dihapus.